Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Tubuh, dari Melawan Kecanduan hingga Menurunkan Tekanan Darah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 24 Maret 2021 14:54
Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Tubuh, dari Melawan Kecanduan hingga Menurunkan Tekanan Darah
Mungkin masih banyak orang yang menganggap sepele manfaat meditasi. Padahal, bermeditasi punya segudang manfaat untuk kesehatan lho.

Siapa nih yang sering ngerasa cemas atau setres dengan rutinitas sehari-hari? Kalau kamu mengalami kondisi tersebut, kira-kira kegiatan apa yang bakal kamu lakukan? Yaps, meditasi.

Meditasi merupakan proses atau kegiatan melatih pikiran supaya menjadi lebih fokus dan terarah. Bahkan, banyak studi yang menunjukkan bahwa manfaat meditasi ini sangat baik untuk jasmani maupun rohani.

Selain itu, manfaat meditasi juga bisa membantu kamu membangun kebiasaan baik, lho. Misalnya seperti kedisiplinan serta pola tidur yang teratur. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Meditasi Setiap Hari

Manfaat Meditasi © Diadona

Meski hanya duduk diam dan tidak melakukan apa-apa, namun sebanarnya meditasi menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi cemas dan setres. Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat meditasi setiap hari bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan Fokus

Manfaat meditasi yang paling dasar ialah untuk meningkatkan konsentrasi kamu dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Menariknya lagi, ternyata manfaat tersebut telah dibuktikan oleh salah satu penelitian di Carnegie Mellon University tahun 2016.

Dalam penelitian tersebut melibatkan 35 orang dewasa yang sedang mencari pekerjaan. Setelah itu, partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok yang melakukan meditasi serta kelompok yang tidak melakukannya.

Hasilnya, kelompok yang melakukan meditasi menunjukkan peningkatan aktivitas di bagian otak yang mengatur atensi. Sedangkan, untuk kelompok yang tidak melakukan meditasi tidak menunjukkan peningkatan pada bagian otak yang sama.

2. Mengatasi Stres

Manfaat meditasi yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi stres. Seperti diketahui, setres adalah awal dari berbagai masalah kesehatan mental lainnya seperti gangguan tidur, depresi, hingga rasa cemas berlebihan sehingga bisa mengundang berbagai penyakit bagi penderitanya.

Akan tetapi, dengan melakukan meditasi dan latihan pernapasan selama 25 menit dalam sehari, maka hal ini bisa menurunkan kadar kortisol serta bisa memecahkan masalah dengan baik.

2 dari 4 halaman

3. Memperkuat Hubungan dengan Orang Lain

Manfaat Silaturahmi © Diadona

Seorang ahli saraf melakukan penelitian terhadap orang yang rutin melakukan meditasi dan mereka yang baru memulai meditasi. Ternyata, hasil yang di dapat dari manfaat meditasi secara teratur ialah mengalami peningkatan aktivitas di area otak yang berhubungan dengan empati.

Dengan kondisi tersebut, maka akan membantu seseorang tetap berhubungan baik dengan orang lain karena mereka lebih bisa membaca serta memahami perasaan orang lain.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat ternyata juga menjadi salah satu manfaat meditasi, lho. Sebab, dengan bermeditasi hal ini akan meningkatkan aliran darah ke otak. Bahkan pada orang-orang yang memiliki masalah memori seperti demensia, meditasi juga bisa mencegah penurunan daya ingat akibat usia tua.

5. Melawan Kecanduan

Tak cukup sampai di situ saja, ternyata manfaat meditasi yang gak boleh dilewatkan yakni bisa membantu menurunkan adiksi atau kecanduan terhadap obat-obatan maupun alkohol. Manfaat yang satu ini diperoleh dengan meningkatkan kesadaran akan adiksi serta memungkinkan seseorang pecandu mengatur kecanduannya.

3 dari 4 halaman

6. Menangani Masalah Mental dan Pikiran Negatif

Manfaat Meditasi © Diadona

Mungkin beberapa orang melewati hari-harinya dengan pikiran-pikiran khawatir ataupun sebagainya. Akan tetapi, orang cenderung menyingkirkan pikiran negatif tersebut ketimbang mencoba memahaminya.

Padahal, salah satu cara menangani kondisi tersebut ialah dengan bermeditasi. Yaps, bermeditasi akan membantu untuk lebih menyadari apa yang sesungguhnya kamu rasakan dan pikirkan, serta mengurangi kekhawatiran yang berkecamuk.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kamu selama ini mengalami gangguan tidur alias insomnia? Kalau iya, maka cobalah dengan bermeditasi. Pasalnya, manfaat meditasi setiap hari bisa memperbaiki kualitas tidur mu selama ini.

Selain itu, bermeditasi juga bisa membantu merilekskan tubuh, melepaskan ketegangan serta menempatkan kamu dalam keadaan damai untuk mudah tertidur.

4 dari 4 halaman

8. Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah © Diadona

Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan darah yang tinggi bsia menyebabkan jantung menjadi lebih sulit memompa darah serta berujung pada penurunan fungsi jantung.

Oleh karena itu, manfaat meditasi pun bisa membantu melemaskan saraf yang mengkoordinasikan tegangan pembuluh darah. Sehingga, tekanan darah turun dan beban jantung akan berkurang, deh.

9. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

DiaZens, ternyata persepsi seseorang tentang rasa sakit itu terhubung dengan kondisi pikiran, lho. Sehingga, hal ini nantinya bisa meningkat menjadi kondisi setres. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan bermeditasi.

10. Membangun Pikiran Positif

Sebagai informasi, bahwa beberapa tipe meditasi dapat meningkatkan pikiran positif terhadap diri sendiri serta orang lain. Sehingga, dengan melakukan meditasi secara rutin, maka seseorang bisa menumbuhkan rasa empati bagi orang lain.

Nah, itulah manfaat meditasi bagi kesehatan. Kalau kamu ragu atau terlalu sibuk untuk bermeditasi, sepertinya kamu harus berani untuk mencobanya dari sekarang. Selamat mencoba!

Beri Komentar