Mata Sering Berair Pada Lansia, Kenapa Ya?

Health | Senin, 3 Mei 2021 08:27
Mata Sering Berair Pada Lansia, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Mata Lansia seringkali terlihat selalu berair.

Setiap orang pasti pernah mengeluarkan air mata. Bukan karena cengeng, namun keluarnya air mata bisa dikarenakan beberapa hal dan mempunyai fungsinya sendiri. Salah satunya adalah untuk menjaga kelembapan mata.

Seringkali mata seseorang berair, penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Mungkin kelilipan debu? Menguap? Namun, tapi ada nih orang yang matanya sering berair. Ya, umumnya kondisi ini terjadi pada lansia. Kenapa ya matanya jadi sering berair gitu?

 

2 dari 5 halaman

Hyperlakrimasi

 Ilustrasi Lansia OmpongIlustrasi Lansia Ompong © Shutterstock

Melansir dari Hellosehat.com, mata berarir disebabkan karena kondisi karena kondisi air mata berlebih, sehingga mata jadi basa terus-menerus alias basah. Karena hal ini, penglihatan pun menjadi tak nyaman dan terganggu.

Hyperlakrimasi sebenarnya memang bisa menyerang siapa saja. Namun umumnya kondisi ini terjadi pada lansia berusia 60 tahun lebih. Meskipun air mata sebenarnya bagus untuk penglihatan yang jelas, namun jika produksinya berlebih, malah justru mengganggu penglihatan.

 

3 dari 5 halaman

Penyebab

Pnyebab mata berair pada lansia adalah infeksi dan alergi. Namun umumnya adalah karena mata kering, yang malah merangsang produksi air mata secara berlebihan. Sebab, kelenjar meiborn mengalami peradangan atau meibomian gland dysfunction (MGD), mata tak dapat terlumasi dengan optimal.

Sedangkan kelenjar meiborn adalah bagian belakang kelopak mata yang bertugas menghasilkan zat minyak agar mata terlumasi dengan baik.

Namun, bisa saja mata berair pada lansia karena faktor kesehatan lainnya. Sebut saja infeksi kornea, alergi, demam flu, infeksi sinus, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi

 Ilustrasi Lansia Susah TidurIlustrasi Lansia Susah Tidur © Shutterstock

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hiperlakrimasi.

1. ISTIRAHATKAN MATA. Ini penting. Ketika mata tiba-tiba mengeluarkan air mata, hentikan kegiatan itu sejenak. Bisa saja lagi baca buku, nonton TV, dan sebagainya. Istirahatkan mata dengan memejamkannya.

2. GUNAKAN OBAT TETES MATA. Karena penyebab mata berair pada lansia umumnya karena mata kering, maka disarankan untuk meneteskan obat mata yang bisa didapatkan diapotek.

3. KOMPRES MATA. Untuk mengatasi mata kering, bisa juga dengan mengompres mata dengan kain air hangat yang diletakan di atas mata. Sembari dikompres, pijat bagian kelopak mata secara perlahan.

 

Join Diadona.id