Mata yang Bintitan Bisa Menular Lewat Tatapan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 1 November 2020 08:25
Mata yang Bintitan Bisa Menular Lewat Tatapan, Mitos atau Fakta?
Sering dikhawatirkan bisa menular, ternyata begini faktanya..

Mata bintitan merupakan gangguan padavarea kelopak mata atau tepi bulu mata. Dalam medis, bintitan dikenal dengan istilah hordeolum. Dilansir dari Medical News Today, penyebab bintitan umumnya karena infeksi bakteri staphylococcus.

Bakteri tersebut, sel kulit mati, atau kotoran menyumbat kelenjar minyak pada kelopak mata. Akibatnya, kelopak mata jadi membengkak, terasa mengganjal, dan sakit.

Sebagian orang beranggapan jika mata yang sedang bintitan dapat menular melalui tatapan. Sebenarnya ini mitos atau fakta ya?

1 dari 2 halaman

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Dilansir dari Medicine.net, bakteri tidak dapat berpindah atau menular ke orang lain hanya dengan tatapan. Karena bakteri ini membutuhkan perantara untuk dapat berpindah dan menginfeksi mata lainnya.

Penularannya tak dapat melalui tatapan namun kemungkinan melalui hal lainnya.

Banyak penderita bintitan yang merasa tak tahan dengan rasa gatal di area bintitan dan memutuskan untuk mengucek matanya. Padahal hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi makin parah dan juga membuka jalan bagi bakteri untuk berpindah ketangan.

2 dari 2 halaman

Penyebab Mata Bintitan © Diadona

Meski jarang terjadi, bakteri yang ada di tangan dapat menular ke orang lain melalui jabatan tangan atau sentuhan tangan lainnya pada orang lain.

Karena itu, usahakan agar tidak menyentuh terlebih mengucek di sekitar area bintitan. Jika sangat gatal, sebaiknya menggunakan tisu atau sapu tangan yang lebih aman. Keep healthy!

Beri Komentar