Mau Sembuh tapi Parno Banget sama Dokter, Kenapa Ya?

Health | Jumat, 18 Juni 2021 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ada yang ogah-ogahan pergi ke dokter nggak nih?

Dalam hidup, pasti kita pernah merasakan yang namanya sakit. Selain dengan pengobatan mandiri, salah satu jalan pasti untuk menyembuhkan sakit adalah dengan pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

Namun untuk beberapa orang, ada nih yang nggak mua pergi ke dokter. Alasannya sih takut, parno banget gitu. Ini kenapa ya? Padahal pengin sembuh.

 

Mau Sembuh tapi Parno Banget sama Dokter, Kenapa Ya?
2 dari 4 halaman

Iatrofobia

Ilustrasi Wanita Takut BerlebihanIlustrasi Wanita Takut Berlebihan © Shutterstock

Ternyata, keadaan seperti ini disebut dengan iatrofobia, yaitu parno banget yang tak masuk akal terhadap dokter. Fobia ini bisa dikarenakan beberapa hal, contohnya takut disuntik, trauma dengan pemeriksaan sebelumnya, bau rumah sakit mungkin? Atau bahkan takut darah sampai trauma kehilangan orang tercinta di rumah sakit.

Punya perasaan gerogi dan semacamnya ketika hendak meneui dokter memang wajar saja, sebab hal tersebut merupakan bentuk dari perlindungan diri. Namun ketika perasaan tersebut sampai panik, mual, hingga muntah, bisa menjadi fobia. Gejalanya pada umumnya adalah cemas berlebihan, menolak pergi ke dokter, bahkan sampai takut hanya dengan melihat jas putih karena mirip jas dokter.

Keadaan ini bisa sangat berbahaya, sebab ketika mempunyai penyakit yang membuntuhkan bantuan dokter, orang terkait akan susah diajak bekerja sama nih. Alhasil, penyebab penyakit jadi susah dipastikan, terlebih untuk penanganan dan pengobatannya.

 

3 dari 4 halaman

Lalu Bagaimana?

Orang dengan Iatrophobia bakalan susah nih untuk disembuhkan sebenarnya, sebab fobia ini kan takut bertemu dokter, gimana mau diperiksa? Namun untungnya, sekarang sudah banyak ahli kesehatan mental yang menawarkan layanan daring nih. Meskipun lebih efektif ditangani dengan tatap muka, namun cara ini adalah yang paling efektif untuk pengidap Iatrophobia.

Kalaupun bertemu langsung, ahli kesehatan mental bakal datang ke rumah. Tidak dengan menggunakan seragam dokter, namun dengan pakaian santai saja. Terlebih biasanya disetel musik yang menenangkan agar perasaan si pasien nyaman dan aman.

 

Join Diadona.id