Memasuki Fase Tua, Kenapa Badan Lansia Jadi Mudah Kedinginan Ya?

Health | Rabu, 1 September 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya.

Ketika memasuki usia lanjut usia, tubuh akan mengalami begitu banyak perubahan. Salah satu yang sering dialami dan wajar terjadi adalah tubuh yang jadi lebih mudah kedinginan atau bahkan menggigil. Terutama pada bagian tangan dan kaki.

Dilansir dari National Institute on Aging, hal ini memang berkaitan erat dengan efek penuaan tubuh. Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menjadi alasannya, salah satunya berkaitan dengan penurunan sirkulasi darah dalam tubuh.

Memasuki Fase Tua, Kenapa Badan Lansia Jadi Mudah Kedinginan Ya?
2 dari 6 halaman

Memasuki usia lanjut, dinding pembuluh darah akan melemas dan menipis karena kehilangan elastisitas alaminya. Aliran darah yang tidak lancar ini akan membuat tubuh jadi lebih rentan merasakan dingin.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi LansiaIlustrasi Lansia © Shutterstock.com

Selain itu, kedinginan dapat dirasakan karena tubuh tak lagi memiliki cukup banyak cadangan lemak di bawah kulit. Cadangan lemak ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terjaga kehangatannya.

Faktor selanjutnya juga disebabkan karena metabolisme tubuh pada rasa dingin yang melambat. Usia lanjut membuat tubuh tak lagi bereaksi secepat saat masi muda untuk mempersempit pembuluh darah agar tubuh dapat tetap terjaga kehangatannya.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Lansia KedinginanIlustrasi Lansia Kedinginan © Shutterstock.com/Ivan4es

Selain faktor usia, kedinginan juga dapat terjadi karena adanya penyakit dalam tubuh.

Menurut Sharon A. Brangman, dosen kedokteran di SUNY Upstate Medical University, menggigil kedinginan umum menandakan penyakit hipertensi atau diabetes. Kolesterol tinggi dan penyakit tiroid juga bisa mengurangi aliran darah dan mengganggu pengaturan suhu tubuh.

5 dari 6 halaman

Nah ketika tubuh lansia jadi lebih mudah kedinginan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya seperti memakai pakaian hangat, menggerak-gerakan tubuh, mengonsumsi sesuati yang hangat, memegang sesuatu yang hangat, atau dengan memijat area tubuh yang kedinginan. Keep Healthy!

Join Diadona.id