Meminjam Kacamata Minus Bisa Bikin Mata Jadi Tertular, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 30 Agustus 2020 09:25
Meminjam Kacamata Minus Bisa Bikin Mata Jadi Tertular, Mitos atau Fakta?
Mitos atau faka sih?

Memiliki mata minus dapat disebabkan karena berbagai hal. Namun ada satu mitos yang hingga kini masih dipercayai banyak orang mengenai mata minus, yaitu mata yang dapat tertular ketika meminjam kacamata yang minus.

Umumnya hal ini diyakini oleh banyak orang, baik itu yang bermata minus ataupun silinder. Dilansir dari berbagai sumber, padahal meminjam kacamata orang lain tak akan menular pada mata kita lho.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Berkacamata © Diadona

Namun lain cerita jika kamu meminjamnya dalam jangka waktu lama seperti satu bulan, maka kemungkinan tertular dapat terjadi.

Ketika mata normal menggunakan kacamata yang minus, maka otot pada area mata akan menyesuaikan diri dengan penglihatan yang ada agar tetap tajam.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi ibu hamil dengan mata minus © Diadona

Jika hanya sebentar, hal ini tak akan berpengaruh. Namun jika terus menerus dilakukan, otot mata jadi akan terbiasa dengan keadaan seperti itu dan akan terus menarik saat menggunakan kacamata.

Jadi jika meminjam sekali dua kali, tak akan berpengaruh untuk mata kok. Namun untuk menjaga kesehatan otot mata tentu saja sebaiknya kita memang tak meminjam kacamata milik orang lain.

 

Beri Komentar