Mendongakkan Kepala Bisa Bantu Hentikan Mimisan, Benar Nggak Sih?

Health | Selasa, 26 Oktober 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Coba baca penjelasannya di bawah ini yuk!

Apakah di antara teman-teman ada yang pernah mengalami mimisan? Mimisan merupakan salah satu hal yang umum dialami banyak orang, teman-teman. Biasanya, mimisan juga tidak terasa sakit. Jika terjadi mimisan, apakah kamu tahu apa yang harus dilakukan?

Kalau kamu mengira kita harus mendongak saat mimisan, ternyata ini keliru, lo. Yuk, cari tahu mengapa saat mimisan kita sebaiknya tidak mendongakkan kepala. Sebelumnya, simak dulu penyebab mengapa seseorang bisa mengalami mimisan, ya!

Mendongakkan Kepala Bisa Bantu Hentikan Mimisan, Benar Nggak Sih?
2 dari 7 halaman

Ilustrasi MimisanIlustrasi Mimisan © pixabay.com/jmexvlusives

Dalam istilah kesehatan, dokter menyebut mimisan dengan istilah epistaksis teman-teman. Epistaksis adalah kondisi ketika pendarahan terjadi di hidung dan darah keluar dari lubang hidung.

Tahukah kamu? Di dalam hidung kita ada banyak terdapat pembuluh darah. Pembuluh darah yang ada di area lubang hidung letaknya dekat dengan permukaan kulit.

3 dari 7 halaman

Penyebab Mimisan DewasaPenyebab Mimisan Dewasa © 2020 phlabs.com/

Oleh karena itu, jika terjadi hal yang menyebabkan luka pada area lubang hidung, ini bisa menyebabkan pembuluh darah tersobek.

Beberapa penyebab mimisan itu antara lain udara yang kering di sekitar kita. Saat udara kering masuk ke hidung, maka bagian area lubang hidung juga jadi kering dan bisa terluka.

Hal ini misalnya terjadi di tempat yang sangat dingin, berangin, atau tempat yang sangat kering. Penyebab lainnya misalnya kalau ada benda kecil yang masuk ke hidang dan menggores permukaan dalam hidung. Kebiasaan mengupil juga bisa jadi penyebab seseorang mimisan, lho.

4 dari 7 halaman

Ilustrasi MimisanIlustrasi Mimisan © Shutterstock.com

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa saat mimisan sebaiknya kita mendongakkan kepala untuk menghentikan darah mengalir. Namun ini keliru.

Mendongakkan kepala justru tidak disarankan saat sedang mimisan. Ini karena mendongakkan kepala ke belakang saat mimisan justru berisiko menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan. Ini berbahaya karena bisa menyebabkan tersedak dan jika banyak darah tertelan maka orang yang mimisan bisa muntah.

5 dari 7 halaman

Penyebab Mimisan DewasaPenyebab Mimisan Dewasa © 2020 shutterstock.com/Lolostock

Sebaiknya, jika mengalami mimisan, kita menundukkan kepala atau membungkuk ke depan sambil menjepit bagian ujung lubang hidung, di bawah tulang hidung.

Tekanan dari jari itu akan membantu mimisan berhenti, teman-teman. Ternyata, tekanan saat menjepit hidung itu membantu pembuluh darah menutup kembali sehingga tidak terjadi pendarahan.

Jangan lupa bersihkan darah yang mengalir menggunakan tisu, ya. Namun jangan meniup hidung, karena bisa menyebabkan pembuluh darah mengeluarkan darah lai.

6 dari 7 halaman

Ilustrasi MimisanIlustrasi Mimisan © Shutterstock.com

Selagi menunggu pendarahan berhenti, duduklah dengan nyaman dan bernapas melalui mulut. Oh iya, hal penting lain yang harus dilakukan saat mimisan adalah tetap tenang dan tidak panik.

Biasanya, proses pendarahan akan berhenti setelah 10 menit. Kemudian setelah darah tidak mengalir, kita bisa membersihkan tangan dan area wajah dengan air mengalir dan sabun.

Join Diadona.id