Mengenal Hipoglikemia, Penyakit yang Sempat Bikin Dorce Gamalama Drop

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 11 Oktober 2021 18:03
Mengenal Hipoglikemia, Penyakit yang Sempat Bikin Dorce Gamalama Drop
Sebenarnya penyakit apakah ini?

Artis sekaligus presenter senior Dorce Gamalama baru-baru ini dikabarkan turun kondisi kesehatannya. Kondisinya yang drop hingga tidak sadarkan diri membuat Dorce harus dilarikan ke rumah sakit. Untungnya, Dorce langsun mendapatkan perawatan dan kini kondisinya sudah mulai membaik.

Belakangan ia diketahui didiagnosis mengalami hipoglikemia. Apa sih sebenarnya penyakit ini?

1 dari 5 halaman

Dorce Gamalama © Diadona

Menanggapi hal tersebut, dr. Fakhrunnisa, Sp.S, Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

“ Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. Kisaran normal kadar glukosa darah 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum," kata Fakhrunnisa seperti dikutip dari laman CnnIndonesia.com.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Kadar Gula Darah Rendah © Diadona

Ia mengatakan, jika kadar gula darah turun terlalu rendah, diperlukan perawatan segera untuk menghindari risiko seperti kejang, pingsan, hingga kerusakan otak.

Glukosa berperan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Kadar Gula Darah Rendah © Diadona

Otak manusia penuh dengan neuron yang terus memanfaatkan glukosa untuk menjalankan fungsi seperti berpikir, belajar, dan mengingat sesuatu. Ketika otak tidak mendapatkan cukup glukosa, neuron tidak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seluruh tubuh dan tak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

dr. Fakhrunnisa, Sp.S mengatakan bahwa hipoglikemia terjadi antara lain karena penggunaan insulin dan penggunaan obat lain yang tidak sesuai dengan dosis oleh penderita diabetes.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Kadar Gula Darah Rendah © Diadona

Penyebab lainnya adalah kurangnya asupan karbohidrat yang diproses oleh tubuh menjadi glukosa, menjalankan puasa berlebih atau terlambat makan, melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi dalam waktu lama, mengkonsumsi minuman beralkohol berlebih, produksi insulin berlebih oleh tubuh, kekurangan hormon yang bertugas mengatur produksi glukosa, serta mengalami penyakit kritis tertentu seperti hepatitis, sirosis hati, atau tumor pankreas.

5 dari 5 halaman

Penderita diabetes lebih rentan mengalami hipoglikemia karena obat-obatan dan insulin yang digunakan melebihi dosis. Insulin berperan mengendalikan glukosa, termasuk menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Tapi ada risiko tubuh justru kelebihan insulin jika digunakan secara tidak tepat sehingga kadar gula darah pun tidak sekadar turun, tapi malah melorot di bawah normall.

Beri Komentar