Mengenal Mindfullness dan Sederet Manfaatnya untuk Kesehatan

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 4 Maret 2021 10:25
Mengenal Mindfullness dan Sederet Manfaatnya untuk Kesehatan
Kini banyak diminati, sebenarnya mindfullness itu apa sih?

Mindfullness kini mulai banyak diperhatikan bahkan menjadi populer di kalangan tertentu. Hal ini karena manfaatnya yang berkaitan dengan kesehatan. Praktik mindfulness menjadi salah satu metode yang dapat membantu mengelola stress dengan baik.

Mindfullness sendiri sebenarnya merupakan salah satu teknik meditasi. Pada praktiknya, meditasi ini di bagi menjadi dua yaitu perhatian dan penerimaan.

Latihan mindfulness ini dilakukan dengan memberikan kesadaran penuh pada situasi terkini, tidak memikirkan masa lalu dan masa depan. Latihan ini dapat menghubungkan dan menyatukan pikiran dan tubuh dengan lebih baik. Sehingga kita dapat merasakan momen saat itu dengan pikiran dan tubuh yang rileks.

1 dari 2 halaman

Meditasi © Diadona

Meditasi ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental bagi sebagian besar orang. Bahkan beberapa penelitian membuktikan jika minfullness dapat mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan.

Sedangkan studi lainnya menyebutkan jika meditasi ini dapat mengatasai kecanduan, agresi, atau bahkan penyakit dalam seperti nyeri kronis hingga hipertensi.

Setelah memahami apa itu mindfullness kamu jadi tertarik mencoba nggak nih?

2 dari 2 halaman

Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih meditasi ini:

Bernafas dalam-dalam

Teknik ini menjadi hal penting bagi pemula karena pernafasan termasuk fungsi tubuh alami. Berusaha untuk fokuskan semua perhatian ke pernafasa. Dan cobalah untuk berkonsentrasi penuh di setiap hirupan dan hempasannya.

Ilustrasi Meditasi © Diadona


Amati tubuh

Selanjutnya, kamu dapat memfokuskan perhatian ke tubuh. Rasakanlah sensasi yang kamu rasakan, baik itu rasa sakit, kehangatat, ketegangan atau relaksasi.

Mantra atau Berdoa

Mantra dapat kamu buat untuk memberikan positive vibes bagi diri. Kamu juga bisa melakukannya dengan berdoa menurut agama. Yup, berdoa merupakan salah satu teknik mindfullness yang paling banyak dipraktikan.

Jadi itu dia sederet manfaat dan cara melakukan meditasi mindfullness. Segera cobain teknik ini yuk!

Beri Komentar