Mengenal Penyakit Ganglion, Kista Jinak pada Pergelangan Tangan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 April 2021 21:59
Mengenal Penyakit Ganglion, Kista Jinak pada Pergelangan Tangan
Penyakit ganglion ini nggak berbahay, hanya saja sering terasa sakit saat menekan syaraf. Hingga kini, penyebabnya masih belum diketahui

Penyakit ganglion adalah sejenis kista non kanker yang paling sering muncul di sepanjag tendon. Kebanyakan, ganglion muncul di pergelangan tangan meski juga bisa tumbuh di pergelangan kaki. Kista ganglion ini biasanya berbentuk oval atau bulat dan berisi cairan seperti jeli.

Kista ganglion bisa berukuran kecil seperti kacang polong. Bila besar, ukurannya bisa mencapai seukuran bola golf lho.

Penyakit ganglion ini bukanlah suatu kondisi medis yang mengancam. Kadang, kista ganglion nggak menyebabkan rasa sakit kecuali saat keberadannya menekan saraf. Penyakit ganglion juga bisa menyulitkan gerakan, tergantung pada ukuran dan lokasinya.

1 dari 4 halaman

Penyakit Ganglion pada Pergelangan Tangan

Penyakit Ganglion © Diadona

Penyakit ganglion paling sering muncul di punggung tangan, di sendi pergelangan tangan melandir Meb MD. Tapi, ini juga bisa muncul di sisi telapak tangan.

Meski begitu, kista ini juga bisa muncul di area lain meski ini kurang umum terjadi, diantaranya:

  • Pangkal jari-jari di telapak tangan, di mana mereka muncul sebagai benjolan kecil seukuran kacang polong
  • Ujung jari, tepat di bawah kutikula, disebut kista mukosa
  • Bagian luar lutut dan pergelangan kaki
  • Bagian atas kaki

2 dari 4 halaman

Apa itu Penyakit Ganglion?

Penyakit Ganglion © Diadona

Apa sih itu penyakit ganglion? Penyakit kista ganglion tumbuh dari sendi atau lapisan tendon. Bentuknya hampir mirip seperti balon kecil dan kemungkinan terjadi saat jaringan yang mengelilingi sendi atau tendon menonjol kelar dari tempatnya.

Apa isi dari kista ini?

Di dalamnya, terdapat cairan pelumas kental yang mirip dengan yang ditemukan di persendian atau di sekitar tendon. Gejalanya berupa:

  • Lokasi : Penyakit ganglion biasannya muncul di bagian atau belakang pergelangan tangan. Bisa juga muncul di sisi telapak tangan, di telapak di pangkal jari, atau di atas sendi ujung jari. Mereka juga bisa terbentuk di atas kaki, di pergelangan kaki, atau di lutut.
  • Rasa sakit : Kista ganglion biasanya nggak terasa nyeri, namun lain halnya bila pertumbuhannya menekan saraf.
  • Ukuran : Kista bisa berukuran sekecil kacang polong namun juga bisa besar dengan diameter 2.5 sentimeter.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Ganglion

Dikutip dari Mayo Clinic, nggak diketahui secara pasti apa penyebab dari penyakit ganglion ini.

Namun ada beberapa faktor risiko munculnya penyakit ini, yakni:

Jenis Kelamin dan Umur

Kista ganglion dapat berkembang pada siapa saja, tetapi paling sering terjadi pada wanita berusia antara 20 dan 40 tahun.

Cidera pada Sendi atau Tendon

Sendi atau tendon yang pernah cedera di masa lalu lebih mungkin mengembangkan kista ganglion.

Osteoartritis

Orang yang menderita artritis punya masalah keausan pada sendi jari yang paling dekat dengan kuku. Dan bila ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit ganglion lebih tinggi di dekat sendi tersebut.

4 dari 4 halaman

Penyakit Kista Ganglion

Penyakit Ganglion © Diadona

Untuk mendiagnosa apkaah suatu benjolan merupakan kista ganglion atau bukan, dokter biasanya akan menyinari kista untuk melihat apakah isinya transparan atau tidak, melansir Medical News Today. Bila di dalamnya berupa suatu materi bening dan kental,maka benjolan itu adalah kista ganglion.

Selama nggak menimbulkan nyeri dan rasa sakit, kista ganglion biasanya nggak perlu diobati. Kemungkinan, benjolan akan hilang dengan sendirinya mesti membutuhkan waktu sampai beberapa tahun. Tapi bila penyakit ini sampai menimbulkan rasa sakit, dokter mungkin akan merekomendasikan pilihan pengobatan.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah misalnya dengan menggunakan sandal yang aman, bila penyakit ini berada di pergelangan kaki. Atua bisa juga dengan imobilisasi. Apa itu? Yakni dengan membantu membatasi gerakan sehinga kista nggak tumbuh makin besar.

Namun bila perkembangannya terus berlanjut,dokter mungkin akan merekomendasikan dua jenis perawatan berikut;

Aspirasi : Yakni memasukkan jarum ke dalam kista untuk mengeluarkan cairang yang membuat benjolan. Kemudian senyawa steroid (anti-inflamasi) disuntikkan ke area tersebut dan area tersebut dibalut agar tidak bergerak. Sayangnya, prosedur ini nggak bisa menghilangkan area yang menempelkan kista kesendi sehingga kista sering muncul kembali.

Operasi : Dokter akan mengangakat kisat dan area di sekitarnya yang menempel ke sendiri. Ini biasanya dilakukan saat prosedur aspirasi nggak membantu dan kita menyebbakn rasa sakit.

Penyakit ganglion memang tidak berbahaya, namun bila kamu menemukan gejalanya, lakukan konsultasi dulu ke dokter untuk menentukan langkah selanjutnya dalam penanganan penyakit.

Beri Komentar