Menguap Ternyata Punya Sederet Manfaat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 16 Juni 2021 08:27
Menguap Ternyata Punya Sederet Manfaat Kesehatan lho!
Jangan cuma taunya tanda ngantuk aja, punya sederet manfaat nih!

Setiap hari setiap orang pasti menguap. Biasanya, orang ketika menguap selalu dikaitkan dengan mengantuk. Atau paling enggak, bosan terhadap aktivitas yang sedang dilakukannya saat itu.

Namun tau nggak sih, ternyata menguap mempunyai sederat menfaat untuk kesehatan lho! Penasaran? Melansir dari The Health Site, ini manfaat menguap untuk kesehatan.

 

1 dari 4 halaman

Membuat Telinga Nyaman

Ilustrasi Wanita Menguap © Diadona

Pada di suatu waktu, ada kalanya telinga tiba-tiba merasa tidak nyaman. Misalnya saja ketika turun naik gunung dengan mobil, atau perubahan ketinggian tiba-tiba di pesawat. Nah, ketidaknyamanan atau bahkan sakit telinga tersebut bisa diredakan dengan menguap. Para peneliti mengatakan bahwa menguap merupakan refleks pertahanan telinga, sehingga membuat telinga kembali nyaman selama terdapat perubahan ketinggian.

 

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi Wanita Menguap © Diadona

Siapa sangka, ternyata dengan menguap, sirkulasi darah bisa meningkat. Para peneliti telah mengungkapkan, bahwa menguap bisa mendinginkan otak. Gairah dan efesiensi mental pun meningkat. Selain itu, menguap punya efek yang sama dengan kafien, yaitu bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Suplai Oksigen ke Otak

Ilustrasi Wanita Menguap © Diadona

Yang patut disyukuri banget dengan menguap adalah otak jadi bisa mendapatkan peningkatan sirkulasi oksigen. Setiap menguap, itu berarti oksigen membawa oksigen lebih ke paru-paru serta meningkatkan penumpukan karbon dioksida di sana. Pada gilirannnya, berdampaklah pada peningkatan sirkulasi oksigen ke otak.

 

Beri Komentar