Minum Air Putih Cukup, Kunci Termudah untuk Hindari Stres

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 7 Mei 2021 14:40
Minum Air Putih Cukup, Kunci Termudah untuk Hindari Stres
Apa hubungan minum air putih dengan kesehatan mental?

Manfaat air putih untuk kesehatan sudah banyak kita ketahui. Mulai dari menghindari dehidrasi, membantu pencernaan, sampai memperlancar proses diet.

Rupanya, manfaat air putih tak terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan fisik. Untuk kesehatan mental pun air putih memiliki peranan penting, salah satunya adalah menghindari stres.

1 dari 2 halaman

Pengaruh Air Putih Terhadap Mental

Hal itu yang dijelaskan oleh psikolog Analisa Widyaningrum. Stres dan perasaan tertekan yang mungkin muncul selama satu tahun bergulat dengan pandemi Covid-19 bisa diatasi, salah satu caranya dengan minum cukup air putih.

" Sebenarnya hal terpenting dari minum air putih adalah transportasi ke oksigen. Pada saat minum, kita sedang men-delivery itu," terang Analisa.

" Nah, kenapa itu pengaruh ke mental? Karena pada saat oksigen itu mengalir melalui pembuluh darah kita menuju jantung, itulah produksi hormon-hormon positif yang dibutuhkan oleh tubuh kita," imbuhnya.

Menurut Analisa, hormon endorfin dan dopamin juga terproduksi kalau transportasi oksigennya lancar.

" Makanya, itulah yang terjadi pada teman-teman ketika meminum air putih. Air di dalam tubuh sepenting itu," kata Analisa dalam webinar 'Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan Bersama AQUA' belum lama ini.

2 dari 2 halaman

Metode 'Mindful Drinking'

Dalam kesempatan tersebut, Analisa memerkenalkan sebuah metode bernama 'Mindful Drinking'. Guna memeroleh manfaat dari minum air putih untuk kesehatan mental yang lebih baik, minumlah secara pelan-pelan.

" Kalau cepat-cepat selain kesedek, juga kita enggak bisa release," katanya.

Sederhananya, dengan minum air putih pelan-pelan, kita bisa lebih sadar bahwa ada nutrisi atau zat baik yang masuk ke dalam tubuh kita.

Analisa juga membagikan tips terkait hal yang sebaiknya dilakukan setelah kita minum.

" Habis minum, usahakan untuk latih mindfulness-nya dengan cara mengambil napas empat hitungan dengan bernapas lewat hidung, mulutnya ditutup, seperti meditasi ringan. Lalu hembuskan lewat bibir pelan-pelan," jelas Analisa.

Dengan mengatur napas saat minum, dan secara sadar bahwa saat minum air putih kita sedang memasukkan nutrisi baik ke dalam tubuh, lanjut Analisa, bisa membuat kita lebih rileks dan tenang.

Reporter: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar