Minum Es Krim saat Pilek Malah Bikin Tambah Parah, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 5 Juni 2020 10:25
Minum Es Krim saat Pilek Malah Bikin Tambah Parah, Mitos atau Fakta?
Boleh nggak sih makan es krim saat lagi pilek gini?

Ketika sedang mengalami sakit flu atau pilek, biasanya kita cenderung menghindari minuman yang bersuhu dingin, misalnya seperti es krim. Hal ini karena mitos yang berkembang adalah sakit flu disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi minuman bersuhu dingin.

Sehingga, kalau lagi sakit ya jangan minum atau makan apapun yang bersuhu dingin dulu dong. Kamu beranggapan seperti ini juga nggak?

Namun, hal yang berkembang dan diyakini banyak orang ini ternyata cuma mitos belaka lho.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Flu © Diadona

Pada dasarnya flu disebabkan karena adanya infeksi bakteri atau virus. Bukan karena mengonsumsi minuman bersuhu dingin. Dilansir dari halodoc.com, menurut James Stackelberg, MD, di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Medical School Rochester, Minnesota, menjelaskan jika susu yang ada pada kandungan es pun tidak dapat memperbanyak dahak yang ada.

Ketika mengalami flu dan demam, ini sebenarnya merupakan proses pertahanan tubuh yang sedang memerangi adanya peradangan atau infeksi virus dan bakteri yang ada dalam tubuh.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi es krim © Diadona

Jika sedang sakit flu dan mengalami demam, yang perlu dilakukan adalah beristirahat dan mengonsumsi makanan yang cukup. Ini perlu dilakukan agar tubuh dapat meningkatkan produksi imun, dengan begitu maka tubuh akan berhasil mengalahkan virus dan bakteri yang sedang menginfeksi tubuh.

Jadi, jika kamu sedang flu nggak apa kok kalau mau makan es krim. Suhu yang dingin atau kandungan susunya tak akan membuat sakit flu dan demam yang dialami semakin parah.

Beri Komentar