Minum Kopi saat Sahur, Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 12 April 2021 16:27
Minum Kopi saat Sahur, Bagus Gak Sih?
Sedap dan bikin seger sih kalau sahur minum kopi. Namun, bagus gak ya?

Tinggal menunggu waktu saja, bulan Ramadan akan segera tiba. Di bulan inilah umat beragama islam berpuasa, menahan lapar dan segala hawa nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Umat muslim pun disunnahkan untuk sahur, di samping itu agar kuat dalama berpuasa dan menjalani puasa seharian. Banyak yang sahur dengan minum kopi, mungkin agar melek menjalani aktivitas setelahnya.

Namun, apakah hal tersebut bagus?

 

1 dari 3 halaman

Dehidrasi

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Ternyata melansir dari berbagai sumber, minum kopi itu sebenarnya tidak bagus saat bagus. Kopi memiliki sifat diuretik, yaitu efek untuk berkeinginan buang air kecil terus-terusan. Jika demikian, ketika berpuasa kamu malah jadi banyak kencing, dan akhirnya tubuh pun bakal kekurangan cairan. Padahal, kamu sedang berpuasa dan cairan tubuh sangatlah diperlukan.

Akibatnya setelahnya pun bisa berlanjut. Karena kekurangan cairan, kamu bisa merasakan dehidrasi. Kamu bakal kehausan dan rasa ingin minum pun meningkat. Kalau sudah kuat, kamu akan tersiksa nih, dan semoga puasanya nggak batal, ya!

 

2 dari 3 halaman

Mual

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Di samping itu, kopi memiliki sifat asam. Jika minum kopi saat sahur, kamu malah mengalami mual-mual nih dalam menjalani puasa, bahkan muntah. Makanan yang disantap saat sahur, yang seharusnya menjadi energi saat berpuasa, malah sia-sia. Kamu malah jadi lemas deh saat menjalani puasa.

 

3 dari 3 halaman

Untuk itu, sebaiknya jangan minum kopi saat sahur. Namun, kamu bisa meminumnya setelah berbuka puasa. Kasih jeda setelah satu atau dua jam setelah berbuka, atau bisa dibilang sebelum salat tarawih ya, Diazen!

Namun jangan kemalaman juga minum kopinya. Bisa-bisa, kamu insomnia dan siklus tidur pun jadi terganggu. Semoga bermanfaat, ya!' Baca Juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Tips Mengatur Jam Tidur bagi Pekerja Shift Malam di Bulan Puasa Meski Masih Muda, Gini Dampak Bekerja Terlalu Keras pada Kesehatan Fungsi Otak Berkurang Pada Lansia, Ini Cara Pencegahannya yang Efektif Bahaya Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dahulu Simpel tapi Bermanfaat, Berapa Jumlah Langkah yang Harus Kita Raih dalam Sehari?

Beri Komentar