Minum Kopi tapi Tetap Aja Ngantuk, Kenapa Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 15 September 2020 15:27
Minum Kopi tapi Tetap Aja Ngantuk, Kenapa Sih?
Niat biar fokus padahal~

Banyak masyarakat kita yang sudah terikat dengan kopi. Untuk memulai aktivitas sehari-hari, tak sedikit yang langsung menyerbut menyesap secangkir kopi. Nggak ngopi, kerja pun nggak asik. Begitu katanya.

Tentu saja tujuan ngopi agar pikiran segar dan nggak ngantuk. Tapi, ada saja yang udah minum kopi tapi tetap ngantuk. Itu kenapa, ya?

1 dari 4 halaman

Cara Kerja Kopi

Ilustrasi Wanita Minum Kopi © Diadona

Sebelum mengetahui penyebabnya, ada kalanya kita mengetahui cara kerja kopi biar pehamanan kita sempurna, nggak cuma asal minum doang,

Melansir dari Hellosehat.com, kopi itu mengandung zat bernama kafein, yang sifatnya membuat orang yang meminumnya jadi terjaga dan fokus. Ia adalah zat stimulan yang merangsang aktivitas sistem saraf pusat.

2 dari 4 halaman

Minum Kopi tapi Masih Ngantuk

Meski untuk beberapa orang minum kopi bekerja dengan baik, beberap orang lainnya justru merasa sia-sia. Pasalnya, mereka sudah minum kopi tapi masih saja ngantuk dan nggak fokus. Kenapa nih?

1. Kurang Tidur

Berdasarkan sebuah penelitian dalam konferensi Amerizan Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society di Amerika Serikat, untuk orang-orang yang memang kurang tidur, secangkir kopi itu nggak ngaruh buat mereka.

Semakin kurang tidur, semakin banyak senyawa adenosin yang dihasilkan tubuh. Sedangkan senyawa adenosin adalah senyawa yang membuat kita merasa ngantuk.

Jadi kalau minum kopi, kafein pada secangkir kopi akan kalah dengan adenosin dalam tubuh. Akhirnya, minum beberapa cangkir kopi pun akan sia-sia kalau memang kurang tidur banget.

 

3 dari 4 halaman

2. Kafein Sulit Dicerna

Ilustrasi Wanita Minum Kopi © Diadona

Tidur sudah cukup. Tapi tetap saja merasa ngantuk padahal udah minum kopi? Bisa jadi itu karena tubuh yang sulit mencerna kafein.

Ternyata, ada gen tertentu yang tugasnya mengatur seberapa peka sistem saraf terhadap kafein. Gen-gen tersebut adalah berkode CYP1A2, AHR, POR, ABCG2, DAN CYP2A6. Hal ini diungkapkan beberapa penelitian, salah satunya adalah University Feinberg School of Medicine di AS.

Jadi, sebagian orang memang punya kombinasi gen-gen yang sempurna sehingga bisa dengan cepat mencerna kafein yang dikonsumsi. Tapi untuk sebagian orang, yang terjadi justru sebaliknya. Sehingga meskipun sudah minum kopi, orang tersebut masih merasa ngantuk.

Beri Komentar