Minum Susu Lebih Ampuh Hilangkan Dahaga Dibanding Air Putih, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 28 September 2021 17:03
Minum Susu Lebih Ampuh Hilangkan Dahaga Dibanding Air Putih, Benarkah?
Loh, kan lebih segeran air putih. Emang beneran bisa?

Ketika kita kepanasan atau merasa lelah karena olahraga, minuman yang paling sering kita cari adalah air putih. Segelas air putih dingin sering dianggap sebagai minuman paling tepat untuk memuaskan dahaga.

Namun, tahukah kamu bahwa sesungguhnya air putih bukan minuman terbaik untuk menghilangkan dahaga? Berdasar sebuah penelitian, diketahui bahwa air putih bukanlah minuman yang paling mampu untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Susu © Diadona

Dilansir dari Times of India, diketahui bahwa minuman yang paling memenuhi kebutuhan air tubuh adalah susu skim. Minuman ini kaya kalsium dan vitamin serta mampu menjaga tulang sehat dan kuat.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition. Berdasar temuan tersebut, dijelaskan bahwa susu merupakan pilihan yang jauh lebih baik dibanding air putih.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Susu © Diadona

Penelitian dilakukan oleh peneliti dari St. Andrews University di Skotlandia. Penelitian tersebut mempelajari efek rehidrasi dari 13 minuman berbeda pada 72 partisipan pria.

Diketahui bahwa susu skim lebih memenuhi asupan air dibanding air putih karena kandungan lemak, protein, gula laktosa, dan sodium yang rendah di dalamnya. Kandungan tersebut disebut sangat baik untuk memenuhi keseimbangan cairan dalam tubuh ketika kamu merasa haus luar biasa.

3 dari 5 halaman

Kandungan sodium di dalam susu bisa membantu menyimpan kandungan air di dalam tubuh. Keberadaan hal ini bisa membantu mencegah diproduksinya air kencing.

Selain susu skim, terdapat beberapa minuman lain yang juga bisa memenuhi asupan air dalam tubuh dengan optimal. Beberapa minuman ini antara lain jus jeruk, kola, susu full-fat, serta tablet minu rehidrasi.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Dibanding sejumlah minuman tersebut, walau tidak menghilangkan haus lebih cepat, namun air putih merupakan pilihan paling sehat. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengonsumsinya secara seimbang ketika merasa benar-benar haus.

Beri Komentar