Minum Soda Bisa Bantu Bersihkan Paru-Paru, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 15 Juli 2021 17:03
Minum Soda Bisa Bantu Bersihkan Paru-Paru, Mitos atau Fakta?
Begini lho penjelasannya

Banyak orang mempercayai bahwa terdapat cara untuk membersihkan paru-paru bagi perokok. Cara ini diyakini bisa membersihkan paru-paru perokok dari noda yang ditimbulkannya.

Salah satu cara yang dipercayai adalah dengan menggunakan minuman tertentu. Menggunakan minuman berupa soda susu ini dianggap bisa membersihkan paru-paru dari zat sisa asap rokok. Benarkah?

1 dari 7 halaman

Hanyalah Mitos

Minuman Soda © Diadona

Kepercayaan mengenai hal itu dibantah oleh dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto kepada Health Liputan6.com.

" Sebenarnya itu mitos saja. Pada dasarnya mau minum soda, mau minum apa pun, kalau sudah punya sakit atau racun yang masuk ke dalam paru itu tidak bisa dibersihkan," kata Agus.

2 dari 7 halaman

Menghentikan Faktor Risiko

Ilustrasi minuman soda © Diadona

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia itu menyatakan, bahwa yang terpenting adalah dengan menghentikan faktor risikonya yaitu berhenti merokok.

" Dengan berhenti merokok, bahan-bahan yang selama ini masuk juga berhenti. Tapi yang sudah masuk butuh waktu untuk dilepaskan," terangnya.

Agus menambahkan, tidak ada ramuan, minuman, atau bahan-bahan yang benar-benar membersihkan paru-paru perokok. Organ tersebut bisa pulih dengan sendirinya, namun proses itu membutuhkan waktu.

" Beberapa minggu, beberapa tahun, itu baru bisa," ujarnya.

3 dari 7 halaman

Cara yang Bisa Membantu

Kondisi ini tergantung dari perokok itu sendiri. Agus mengatakan, apabila perokok belum mengalami sakit, kandungan racun seperti karbondioksida bisa rilis dalam waktu 48 jam. Sementara untuk nikotin bisa bertahan hingga seminggu.

" Dengan berhenti saja secara teori. Terus kalau kita faktor risikonya polusi udara, ya hindari polusi udara. Jadi sejauh ini tidak ada," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta ini.

Nikotin bisa menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, membuat usaha berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan. Salah satu cara untuk menghentikan kecanduan adalah dengan membersihkan nikotin yang ada dalam tubuh. Cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

4 dari 7 halaman

Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

5 dari 7 halaman

Olahraga

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.

Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali perminggu. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.

6 dari 7 halaman

Perbanyak buah dan kurangi fast food

Ilustrasi Salad Buah © Diadona

Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

7 dari 7 halaman

Hindari alkohol

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali.

Nah, jadi gitu ya guys. Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat. Stay healthy!

Beri Komentar