Minus Air Es setelah Olahraga Ternyata Gak Baik lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 5 Agustus 2021 07:27
Minus Air Es setelah Olahraga Ternyata Gak Baik lho!
Hayo, siapa yang sering minum es habis olahraga~

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita perlu banget untuk olahraga rutin. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, sesuai kesenangan dan kenyamanan saja.

Biasanya, setelah olahraga hal yang paling dicari adalah air untuk minum. Biasanya juga banyak orang memilih minum air es karena terkesan lebih segar setelah lelah berolahraga.

Namun kamu perlu tahu, nih! Melansir dari Hellosehat.com, ternyata minum air es setelah olahraga itu nggak baik lho untuk tubuh!

 

1 dari 5 halaman

'Beser'

Ilustrasi Wanita Olahraga Minum Es © Diadona

Kemungkinan besar, jika kamu minur air es, kamu akan beser alias sering buang air kecil, apalagi setelah olahraga. Usus halus jadi dingin, urin pun juga demikian, sehingga kandungan kemih nggak bisa menahan untuk mengeluarkannya.

Lalu kenapa jika beser? Tubuh akan kekurangan sodium dan potasium! Namun, ada yang bisa kamu lakukan jika sudah terlanjut demikian. Setelahnya, kamu bisa menambahkan garam pada air minum kamu selanjutnya agar berbagai elektrolit yang hilang setelah olahraga bisa terpenuhi.

2 dari 5 halaman

Sulit Diserap Tubuh

Selain itu, air es ternyata sulit diserap tubuh, terlebih setelah olahraga. Sementara setelah olahraga tubuh akan mengeluarkan banyak cairan keringan, sehingga tubuh butuh banget air. Kalau tidak, bisa dehidrasi, deh. Makanya, banyak orang yang setelah minum air es bukannya lega, malah semakin haus. Pengin nambah terus minum air esnya.

3 dari 5 halaman

Sebabkan Hyponatermia

Ilustrasi Wanita Olahraga Minum Es © Diadona

Jika yang terjadi benar minum air es secara terus-menerus, makan selanjutnya malah bisa menyebabkan hyponatermia, yaitu gangguan elektrolit yang terjadi karena sodium dalam darah tubuh lebih derah dari biasanya. Sehingga, yang terjadi kemudian sel-sel tubuh bisa mengalami pembekakakan, bahkan bisa kematian...

 

4 dari 5 halaman

Emang kayaknya enak banget minum air es setelah olahraga. Namun daripada bisa menyebabkan masalah kesehatan yang fatal, lebih baik dihindari, bukan? Minum air biasa aja, ya~

 

Beri Komentar