Nggak Sembarangan, Begini Anjuran Memakai Masker Rangkap

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 26 Februari 2021 08:25
Nggak Sembarangan, Begini Anjuran Memakai Masker Rangkap
Agar perlindungan dari virus Covid-19 lebih efektif, simak sederet anjuran pemakaian masker rangkap berikut ini..

Tak hanya mitos, menggunakan masker rangkap belakangan ini di sarankan sejumlah pakar untuk meningkatkan perlindungan dari paparan virus Covid-19. Dengan cara pemakaian yang tepat, menggunakan masker rangkap dapat menurunkan resiko penularan hingga 90% lho.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya dan orang lain, dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat.

Hal ini juga diungkapkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang telah memperbarui pedomannya mengenai hal ini. Pihaknya membenarkan jika masker rangkap lebih efektif dalam penyaring partikel udara. Namun kenyamanan pengguna tetap penting dan perlu diperhatikan.

1 dari 2 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Indra Bekti (@indrabekti)

Selain itu, penggunaannya juga tak sembarangan atau asal merangkap masker ya, guys. Berikut ini adalah anjuran yang disarankan juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers baru-baru ini menyampaikan beberapa anjuran tentang penggunaan masker ganda atau rangkap. Di antaranya:

1. Hindari masker yang memiliki katup udara karena berpotensi menjadi celah masuknya virus

2. Hindari menggunakan dua masker medis secara bersamaan


3. Masker KN95 sebaiknya tidak dirangkap masker lain.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Memakai Masker © Diadona

Selain ketiga faktor terpenting itu, terdapat juga cara lain yang dapat membuat penggunaan masker double jadi lebih efektif. Yaitu dengan memilih m.enggunakan masker yang memiliki nose wire atau kawat di bagian hidung

Penting juga untuk menggunakan penyangga masker yang elastis untuk meminimalisir celah udara. Terakhir adalah, mengikat karet telinga dan melipat masker apabila masker lebih besar dari ukuran wajah.

Nah itu dia sederet anjuran untuk menggunakan masker double. Jadi jangan sembarangan ya!

 

Beri Komentar