Niat Nonton 1 Episode Malah Jadi Maraton Drakor, Ternyata Ada Penjelasan Medisnya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 3 Januari 2021 13:27
Niat Nonton 1 Episode Malah Jadi Maraton Drakor, Ternyata Ada Penjelasan Medisnya lho!
Siapa yang suka gini nih?

Sejak pandemi, semakin banyak orang akhirnya menikmati nonton film di rumah. Banyak genre yang bisa dinikmati, salah satunya adalah drakor. Mulai dari Crash Landing On You, It's Okay Not To Be Okay, True Beauty, dan masih banyak lagi drama korea yang bikin para penonton panas dingin ketika menyaksikannya.

Banyak dari kita yang pada awalnya cuma ingin nonton 1 episode, tapi pada kenyataanya malah maraton drakor alias menontonnya sampai akhir. Jadi lupa waktu, yang seharusnya dilakukan malah terlewatkan. Kamu pasti pernah gini kan, wahai pecinta drakor?

 

1 dari 4 halaman

Binge Watching

Ilustrasi Wanita Nonton Drakor © Diadona

Ternyata, melansir dari Washington Post, kondisi kamu bisa sampai nonton drakor sampai berepisode-episode atau maraton itu disebut dengan binge watching. Kondisi ini terjadi karena, tanpa sadar, otak melepaskan hormong yang bernama dopamin, sehingga merasa nyaman, bahagia, hingga mencapai titik kepuasan.

Jadi semakin nonton, semakin tinggi pula hormon dopamim, nonton drakor pun jadi maraton deh tanpa henti! Setelah satu episode berakhir, timbul rasa ingin melanjutkan apa yang sebelumnya ditonton.

 

2 dari 4 halaman

Sering mengalami binge watching ternyata mempunyai dampai buruk pada kesehatan. Pertama, berdasarkan penelitian tahun 2018, binge watching bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes 2. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan pembekuan darah, yang bisa fatal akibatnya terhadap jantung dan paru-paru. Apalagi kalau sambil nyemil berjam-berjam.

Kedua, jika sudah banyak nyemil begitu, bisa-bisa nanti malah merambat dengan binge eating, yaitu kondisi susah berhenti makan atau nyemil. Jika sudah demikian, apalagi kalau nggak diseimbangi dengan olahraga, bisa berujung obesitas.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Yang ketiga, binge watching bisa menyebabkan kamu insomnia. Binge watching menyebabkan banyak orang merelakan waktu tidurnya demi menyelesaikan sebuah film. Siklus tidur pun menjadi kacau, dan bisa menyebabkan insomnia nanti.

Terakhir, binge watching bisa jadi menyebabkan seseorang menyjadi antisosial! Kok bisa? Ketika ketagihana nonton, dia mempunyai kecenderungan besar untuk hanya peduli dengan tontonannya. Orang-orang sekitar pun menjadi diabaikan.

 

4 dari 4 halaman

Nah gaes, kalau kalian sering begini (binge watching), dikurangi ya mulai sekarang. Tak hanya berlaku untuk drakor, serial barat atau lainnya pun juga berlaku demikian.

Semoga bermanfaat, sehat selalu!

Beri Komentar