Nilai Matematika Selalu Anjlok, Bisa Jadi Penyakit Ini Penyebabnya!

Health | Sabtu, 4 Juli 2020 16:27
Nilai Matematika Selalu Anjlok, Bisa Jadi Penyakit Ini Penyebabnya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Siapa yang ngerasa begini?

Setiap orang pasti punya kelemahan. Dalam pelajaran, mungkin orang itu pandai di suatu pelajaran, tapi belum tentu di pelajaran lainnya. Namun, banyak orang yang mengeluhkan pelajaran matematika, bahkan ada yang nggak bisa sama sekali.

2 dari 6 halaman

Dyscalculia

Jika nilai matematikamu selalu anjlok, jangan salahkan dirimu apalagi menganggap bodoh. Mungkin, itu disebabkan oleh sebuah penyakit yang disebut dengan dyscalculia.

Melansir dari Understood.org, dyscalculia merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang dalam matematika. Kesulitan ini tak hanya ada di level tinggi, bahkan matematika dasar pun akan terasa begitu sulit.

Banyak istilah yang bisa digunakan untuk dyscalculia. Ketidakmampuan belajar matematika, atau gangguan belajar matematika. Tak ada yang pasti penyakit ini sering diderita cewek atau cowok. Banyak ahli mengatakan bahwa keduanya tak ada bedanya.

3 dari 6 halaman

Dyscalculia tidak bisa diatasi. Tapi, mereka anak-anak yang punya kesulitan matematika bisa berjuang sebagaimana ketika tumbuh dewasa.

 Anak Sulit Berhitung MatematikaAnak Sulit Berhitung Matematika © shutterstock

Karena orang dengan dyscalculia sulit dengan matematika di semua tingkatan, mereka bakalan menjadi susah di kehidupan sehari-hari. Mulai dari berbelanja, memasak, bahkan gimana caranya bisa tiba tepat waktu di suatu tempat. Tapi, selagi berusaha, pasti ada jalan keluar bukan?

4 dari 6 halaman

Gejala Dyscalculia

Orang dengan dyscalculia mungkin bisa diketahui bahkan sebelum seseorang masuk sekolah. Tapi, tentu saja mereka akan terlihat di usia yang berbeda. Namun, tanda-tanda umumnya adalah:

- Masalah memahami mana yang terbesar atau yang terkecil
- Masalah memahami bahwa angka 5 sama dengan kata lima, seperti itu
- Masalah dalam menghitung uang
- Masalah memperkirakan waktu
- Masalah menilai kecepatan dan jarak
- dan lain sebagainya

5 dari 6 halaman

Penyebab Dyscalculia

Penyebab bagaimana seseorang bisa terkena dyscalculia masih belum dipastikan. Namun, ada dua kemungkinan bagaimana itu bisa terjadi.

 Anak Sulit Berhitung MatematikaAnak Sulit Berhitung Matematika © shutterstock

1. Gen atau keturunan.

Meski belum bisa dipastikan, dyscalculia itu berjalan dalam keluarga. Bahkan penelitian menunjukan bahwa genetika juga berperan dalam masalah matematika.

2. Perkembangan Otak

Otak orang dengan dyscalculia dan yang tidak berdasarkan penelitian berbeda. Bedanya adalah di bagian bagaimana otak terstruktur dan bagaimana fungsinya di are yan terkait dengan keterampilan belajar.

6 dari 6 halaman

Beberapa orang mungkin dicap bodoh karena tak bisa sama sekali matematika. Padahal, bisa saja ia mempunyai penyakit ini. Di samping itu, tak bisa dalam suatu bidang bukan berarti ia bodoh. Masih banyak hal yang bisa dijangkau, bukan?

Join Diadona.id