Nyentuh Barang Kotor Dikit Langsung Keringat Dingin, Kenapa Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 4 Februari 2021 16:27
Nyentuh Barang Kotor Dikit Langsung Keringat Dingin, Kenapa Sih?
Harus terhindar dari debu dan kuman, gitu.

Sudah seharusnya memang barang yang kita punya dijaga akan kebersihannya. Namun, bukan berarti barang tersebut dibersihkan setiap saat. Ada debu dikit, bersihin. Kotor dikit wajar lah, ya.

Namun, ternyata ada orang yang nggak bisa tahan dengan barang yang kotor walau cuma sedikit. Sekalinya menyentuh dikit aja barang yang kotor tersebut, dia bisa keringat dingin bahkan sampai menjerit-jerit.

Ini kenapa ya kira-kira gaes?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Cuci Tangan © Diadona

Ternyata, melansir dari Very Well Mind, kondisi takut berlebihan terhadap hal yang kotor disebut dengan mysophobia. Emang sih kebersihan itu harus dijaga, tapi nggak sampai yang takut banget sama hal kotor, bahkan terhadap debu yang sedikit. Dan ternyata, mysophobia ini punya kaitan erat dengan OCD, yaitu gambaran berulang yang tidak diinginkan yang bisa menyebabkan stres dan kecemasan.

 

2 dari 3 halaman

Gejala

Bisa dibilang, orang dengan mysophobia takut terkena kuman. Sehingga gejala yang paling umum pada orang tersebut adalah sering mencuci tangan dengan tujuan terhindar dari kuman-kuman. Sedangkan orang dengan OCD sering mencuci tangan karena ada rasa khawatir tindakannya itu belum tuntas.

Orang dengan mysophobia, jika terkena kotoran bisa langsung menangis saking jijiknya, gemetar, bahkan keringat dingin. Oleh sebab itu, mereka bisa mandi lebih dari dua kali sehari, dan membawa pembersih tangan selalu.

 

3 dari 3 halaman
Beri Komentar