Obati Luka Bakar dengan Pasti Gigi, Amankah?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 24 Juni 2021 06:27
Obati Luka Bakar dengan Pasti Gigi, Amankah?
Banyak yang langsung diobati dengan pasti gigi. Masalahnya, aman nggak nih?

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bisa saja ada hal-hal tak terduga yang membuat bagian tubuh terluka. Contohnya saja ketika masak, kulit bisa saja terkena wajan panas, atau percikan minyak. Alhasil, kulit yang terkena pun mengalami luka bakal.

Banyak orang yang kemudian mengobatinya langsung dengan menggunakan pasti gigi alias odol. Namun, apakah cara ini benar dan aman, atau berbahaya?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Odol © Diadona

Ternyata melansir dari Hellosehat.com, mengobati luka bakar dengan pasti gigi tidaklah aman. Justru sebaliknya, luka bakar yang diobati dengan pasti gigi bisa semakin para kondisinya. Sebab, pasta gigi mengandung banyak bahan kimia untuk pemutih dan pengharum napas.

Sementara itu, kandungan yang ada pada pasta gigi tersebut bisa menyebabkan iritasi serius jika digunakan untuk luka bakar. Jaringan di sekitar luka bakar pun jadi semakin rusak. ditambah lagi kandungan peppermint dan kalsium pada pasta gigi. Bisa-bisa bukannya menyembuhkan luka bakar, malah membuat infeksi dan merusak jaringan kulit.

 

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Luka Bakar © Diadona

Memang, pasta gigi pada luka bakar memberikan efek dingin, namun dalamnya tetap panas karena permukaan luka bakar ditutup. Sehingga penyembuhan luka bakar pun alah jadi terhambat, dan bisa mengalami kerusakan jaringan.

Masih ada beberapa bahan rumah yang bisa kamu gunakan untuk mengobati luka bakar pada pertolongan pertama. Pertama bisa dengan dibasahi air dingin selama 10 menit, berdasarkan saran dari American Academy of Dermatology Association. Hal ini bisa membantu mengeluarkan pannas dari kulit.

 

3 dari 4 halaman

Selain dibasuh, bisa juga dengan diresapi dengan handuk kemudian kompres luka bakar yang dimaksud. Bisa juga dengan plastik isi atau dalam botol.

Bisa juga dengan gel lidah buaya. Daripada pakai pasti gigi, gel lidah buaya lebih aman dan juga memberikan efek dingin pada luka bakar. Hanya saja, pastikan lidah buaya yang dimaksud murni tanpa bahan alkohol dan pewangi. Yang terakhir bisa juga dengan madu. Sebab, madu punya kandungan antiperedangan dan antibakteri yang mbisa membantu penyembuhan luka.

 

4 dari 4 halaman

Jadi, sangat tidak disarankan mengoleskan luka bakar dengan pasta gigi nih. Selain pasti gigi, ada juga bahan lain yang nggak disarankan untuk mengobati luka bakar. Sebut saja es batu, minyak esensial, putih telur, dan mentega.

Semoga bermanfaat, ya!

 

Beri Komentar