Ogah-ogahan Pergi ke Dokter saat Sakit? Bentar, Jangan-Jangan Latrofobia!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 10 Februari 2020 01:00
Ogah-ogahan Pergi ke Dokter saat Sakit? Bentar, Jangan-Jangan Latrofobia!
Takut sama dokter ternyata ada sebutannya, yaitu latrophobia.

Kamu pasti pernah kenal seseorang yang kalau sakit dia nggak mau sama sekali pergi ke dokter. Susah banget buat diseret berobat.

Alasannya bahkan suka nggak jelas. Padahal, dari melihat wajahnya saja, kita tahu nih dia lagi sakit parah.

Kalau kamu pernah kenal orang yang kayak gitu, kamu perlu sedikit curiga. Soalnya, baca di Fearapy, orang yang susah banget diajak ke dokter pas sakit bisa jadi terkena latrofobia.

1 dari 4 halaman

Latrophobia? Apaan tuh?

Latrophobia itu bahasa gampangnya adalah fears of doctors. Menurut Phobia Guru, latrophobia termasuk dalam kategori fobia sosial. Bisa juga disebut hipertensi jas putih atau 'white coat hypertension."

Maksud latrophobia sendiri adalah kecemasan atau ketakutan yang nggak masuk akal untuk pergi dokter. Bahkan, seseorang dengan latrofobia lebih takut untuk pergi ke dokter daripada dengan penyakit yang sedang dideritanya.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Orang dengan Latropobia

Ilustrasi Wanita Cemas © Diadona

Merasa cemas pergi ke dokter emang hal wajar sih sebenarnya. Terus, gimana bedainnya cemas biasa dengan latrofobia ini? Umumnya menurut Very Well Mind, orang-orang dengan latrofobia ditandai dengan beberapa hal berikut ini:

1. Cemas Berlebihan

Setelah membuat janji dengan dokter, kamu akan memikirkannya terus-menerus, nggak ada habisnya. Kamu bahkan akan terus menghindar menghadiri pertemuan tersebut, dan malah memikirkan untuk terus menundanya.

Kalau pun kamu sudah bertemu dengan si dokter, kamu akan panik hebat pokoknya. Tiba-tiba bisa berkeringat banyak banget, gemeteran, bahkan sampai menangis!

2. Punya Fobia yang Berhubungan

Fobia nggak bisa terjadi begitu saja. Pasti ada hal yang melatar-belakangi fobia tersebut. Begitu juga dengan latrofobia. Kalau kamu sebelumnya punya gangguan kecemasan (hypochondriasis), atau nosophobia (ketakutan terkena penyakit), bisa jadi kedua hal tersebut penyebab seseoran terkena latrofobia.

3 dari 4 halaman

3. Menghindar untuk Pergi ke Dokter

Orang yang cuma merasa cemas biasa nggak bakal sampai menghindar pergi ke dokter. Tapi kalau latrophobia, orang tersebut akan berusaha gimana cara dia nggak pergi ke dokter, alih-alih mencari pengobatan alternatif asalkan nggak ke dokter.

4. White Coat hypertension

Atau yang diartikan sebagai hipertensi jas putih merupakan sebuah fenomena yang telah diteleti oleh beberapa ahli. Fenomena ini merupakan tingginya tekanan darah saat bertemu dokter, yang umumnya berjas putih.

4 dari 4 halaman

Meskipun banyak orang yang masih jarang mendengar istilah fobia ini, latrofobia bisa jadi lebih sulit untuk ditangani daripada fobia-fobia lain. Sebab, gimana mau ditangani sedangkan pergi ke dokter aja takut alias ogah-ogahan?

Jika kamu kenal dengan seseorang dengan latrofobia, kamu harus segera membantunya mencari perawatan. Biasanya, jenis perawatan yang ditawarkan melalui telepon atau internet, tanpa harus bertemu langsung dengan sang dokter.

Emang, perawatan untuk orang dengan latrofobia nggak segampang yang dibayangkan. Tapi dengan sedikit bantuan saran orang-orang dan usahamu, semua pasti bisa diatasi. Yakin, deh!

 

Beri Komentar