Olahraga Berlebihan Bisa Buruk Buat Kesehatan Tubuh lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 7 Maret 2021 10:27
Olahraga Berlebihan Bisa Buruk Buat Kesehatan Tubuh lho!
Siapa yang sukanya olahraga terus-terusan nih?

Salah satu cara agar hidup menjadi sehat adalah dengan berolahraga secara rutin, selain menjaga pola hidup dan makan yang juga sehat. Namun, kita semua tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu biasanya justru malah berdampak sebaliknya. Bukannya sehat, malah bisa berdampak buruk untuk tubuh.

Begitu juga dengan olahraga. Melansir dari Merdeka.com, olahraga berlebihan justru bisa buruk buat kesehatan tubuh lho!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wantia Olahraga © Diadona

Hal ini diungkapkan oleh dr. Grace Joseline Corlesa, MMRS., Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Olahraga ternyata juga harus sesuai doses yang tepat. Jika berlebihan, malah bisa buruk buat tubuh.

" Setiap orang itu berbeda kalau berlebihan enggak baik atau over training. Kita kalau olahraga juga enggak bisa mengikuti kecepatan orang lain, makanya kalau saya meresepkan olahraga targetnya bukan berapa kilo tapi targetnya adalah hitungan nadi dan waktu."

2 dari 3 halaman

Gejala-gejala pada seseorang yang olahraganya sudah berlebihan adalah jantungnya mudah berdetak kencang, padahal tidak olahraga. Jadi gampang capek, susah konsentrasi, dan suasanya hati bisa berubah-ubah. Pada wanita, gejala lainnya bisa berubah gangguan menstruasi, depresi, hingga berat badan turun drastis.

Jika sudah mengalami gejala-gejala olahraga berlebihan tersebut, dr. Grace menyarakan untuk mengurangi olahraganya. Imbangi juga dengan makanan sehat dan air minum agar tubuh kembali normal.

" Berhenti dulu olahraganya, dijeda dulu, konsultasi, bukan berhenti total tapi dikurangi atau diganti jenis olahraganya. Terus frekuensinya dikurangi, cukupi waktu istirahat, istirahat juga bagian dari olahraga dan yang paling penting analisa dari dokter," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jadi, meskipun olahraga itu merupakan kegiatan yang bagus, tetap jangan berlebihan melakukannya. Bisa-bisa efek ke tubuh justru sebaliknya. Bukannya sehat, malah buruk. Kalau sudah begini, nggak ada salahnya sih untuk periksa ke dokter yang bersangkutan, ya~

Beri Komentar