Olahraga Malah Bikin Berat Badan Naik, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 14 Maret 2021 08:27
Olahraga Malah Bikin Berat Badan Naik, Kenapa Ya?
Kamu mungkin bingung tentang hal ini. Namun tenang, ternyata kamu nggak perlu khawatir.

Setiap wanita pasti ingin mempunyai berat badan yang ideal. Makanya jika mereka merasa berat badnanya berlebihan, mereka akan berupaya keras untuk menurunkannya.

Selain menjaga pola makan, tentu salah satu hal yang perlu dilakukan adalah olahraga. Akvitias ini terbilang ampuh jika dilakukan dengan rutin. Namun untuk beberapa orang, ada saja yang setelah olahraga, berat badannya malah naik.

Melansir dari Health via Merdeka.com, berikut alasannya.

 

1 dari 3 halaman

Hanya Berkeringat

Ilustrasi wanita olahraga di gym © Diadona

Ketika olahraga, biasanya setelahnya keringat akan mengucur deras. Karena hal tersebut, biasanya tubuh akan menjadi lebih berkeringat. Namun sayangnya untuk beberapa kasus, yang keluar itu hanyalah air, jadi berat badan hanya terlihat 'turun'. Sehingga pada dasarnya berat badan bisa jadi tetap aja di angka sebelumnya. Apalagi jika kamu setelah olahraga malah makan banyak, malah nambah dah itu berat badan. Padahal, sebenarnya sehabis olahraga berat badanmu itu tetap segitu.

 

2 dari 3 halaman

Otot-Otot Meningkat

Ilustrasi Wanita di Gym © Diadona

Ternyata, olahraga intense merupakan salah satu yang membuat massa tubuh meningkat. Presentasi massa di sejumlah bagian tubuh yang meningkat bisa mencapai 15 persen.

Jadi tanpa kamu sadari, setelah olahraga bukannya turun, berat badan malah naik. Apalagi jika olahraga yang membesarkan otot. Hal ini dikarenakan massa otot tubuh naik meskipun lemak sudah berkurang, sehingga angka timbangan berat badan pun menjadi naik.

3 dari 3 halaman

Namun, jika olahraga bikin berat badanmu naik karena massa otot tubuh yang meningkat, kamu tidaklah seharusnya khawatir. Sebenarnya ini pertanda bagus dan harus dipertahankan. Sebab itu berarti otot membesar sedangkan lemak tubuh berkurang.

Beri Komentar