Osteoporosis Sering Serang Lansia, Ini Makanan yang Bisa Jadi Penguat Tulang

Health | Rabu, 17 November 2021 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Sebab kita adalah apa yang kita makan, bukan?

Kesehatan tulang begitu penting. Jika tidak dijaga dengan baik, kelak bisa menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sementara itu osteoporosis ini sering banget diderita oleh lansia. Terjadinya penyakit ini memang bertahap, dan seringkali diketahui di kemudian hari setelah gejala mulai terasa banget.

Meski tidak langsung menyembuhkan osteoporosis atau tulang-tulang yang mengeropos, namun melansir dari Hellosehat.com, beberapa makanan di bawah ini penting untuk memasok asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang agar kembali pulih dan tulang.

Apa aja ya makanan-makanan tersebut?

 

Osteoporosis Sering Serang Lansia, Ini Makanan yang Bisa Jadi Penguat Tulang
2 dari 7 halaman

Susu

Ilustrasi susuIlustrasi susu © https://www.kompasiana.com/

Sudah sering kita dengar bahwa susu itu baik untuk tulang. Ya, susu pada umumnya mengandung vitamin D dan kalsium yang melimpah. Keduanya sangat membantu menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Terutama untuk penderita dan pencegahan osteoporosis apalagi pada lansia, memenuhi nutrisi vitamin D dan kalsium dengan susu sangatlah dianjurkan.

 

3 dari 7 halaman

Sayuran Hijau Gelap

Ilustrasi sayur bayamIlustrasi sayur bayam © https://resepkoki.id/

Sayuran terbukti sebagia makanan yang menyehatkan terbukti. Terlebih pada sayuran berdaun hijau gelap, ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang, sebab biasanya mengandung vitamin A, C, K, folat, zat besi, kalsium, bahkan mineral. Contoh sayuran berdaun hijau gelap itu adalah brokoli, sawi hijau, kale, bayam, bok choy.

 

4 dari 7 halaman

Makanan Magnesium

Ilustrasi Cokelat HitamIlustrasi Cokelat Hitam © 2019 https://www.diadona.id/medicalnewstoday.com

Selanjutnya makanan yang mengandung magnesium sangat baik untuk kesehatan tulang, nih. Sebab bertambahnya usia, kemampupan tubuh untuk menyerap magnesium berkuarang. Makanya perlu makanan yang mengandung magnesium cukup. Makanan tersebut bisa berupa alpukat, tahu, pisang, kacang-kacangan, dan cokelat hitam.

 

5 dari 7 halaman

Makanan Vitamin C

Ilustrasi StrawberryIlustrasi Strawberry © Copyright 2019 https//diadona.id/stocksnap.io

Vitamin D memang penting banget untuk kesehatan tulang, namun vitamin C juga nggak kalah pentingnya nih. Sebab vitamin C lah yang akan memaksimalkan dalam penyerapan kalsium ke tulang. Makanya kombinasi dengan kalsium bagus banget! Makanan vitamin C bisa kamu dapatkan di pepaya, brokoli, jeruk, stoberi, kiwi, dan lain sebagainya.

 

6 dari 7 halaman

Makanan Protein

 

Terakhir, jangan lupa untuk memakan makanan berprotein. Memang protein ini sangat bermanfaat untuk jaringan otot. Namun dengan kuatnya jaringan otot, tulang pun punya penyangga yang kuat pula. Tulang jadi terjaga dengan maksimal. Contoh makanannya bisa baerupa unggas, ikan, kacang-kacangan, kedelai, daging tanpa lemak, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Ikan TunaIlustrasi Ikan Tuna © doktersehat.com

 

Join Diadona.id