Pada Waktu Apa Idealnya Olahraga Lari Dilakukan?

Health | Senin, 23 Agustus 2021 09:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian biasanya lari pas kapan, nih?

Saya sering melihat banyak orang berlari di pagi hari. Ya, emang umumnya olahraga lari dilakukan di waktu ini, sih. Namun beberapa kali, saya juga pernah melihat orang yang melakukan olahraga lari di malam hari, bahkan ada yang dilakukan siang bolong!

Pada beberapa kesempatan, saya sempat terpikir, pada waktu sebaiknya olahraga lari dilakukan, ya?

 

Pada Waktu Apa Idealnya Olahraga Lari Dilakukan?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita LariIlustrasi Wanita Lari © Shutterstock.com

Ternyata, berdasarkan artikel yang saya baca di laman Hellosehat.com, olahraga lari itu paling baik dilakukan pada sore hari menjelang malam. Pada waktu tersebut, suhu tubuh sudah menjadi puncaknya, sehingga menjadi waktu yang ideal. Biasanya, suhu inti seseoranga tercapai pada puncaknya pada pukul 4 sampai 5 sore.

Ketika suhu inti naik pada waktu tersebut, metabolisme tubuh juga meningkat dan kapasitas otot pun beradaptasi saat berlari. Risiko mengalami cidera pun akan berkurang, dan juga kalori pun terbakar secara maksimal sepanjang malam.

 

3 dari 6 halaman

Sebuaha penelitian juga mengatakan bahwa pada sore hari, paru-paur bekerja lebih baik. Penyerapan oksigen pun lebih maksimal. Lari menjadi lebih cepat dan fokus terhadap waktu sekitar.

Ditambah lagi, lari pada sore menjelang malam, berdasarkan penelitian oleh University of California, bisa membuat tidur lebih cepat. Hal ini disebabakan tekanan darah menurun akibat otot yang berkontraksi selama berlari. Homon endorfin yang idkeluarkan tubuh pun membuat suasana hati lebih batik dan tubuh lebih rileks.

 

4 dari 6 halaman

Lari Pagi Tidak Buruk

Ilustrasi Wanita LariIlustrasi Wanita Lari © Shutterstock

Namun meski olahraga lari lebih baik dilakukan pada sore hari menjelang malam, bukan berarti olahraga lari buruk dilakukan pada pagi hari. Faktanya, pada waktu ini olahraga lari juga baik dilakukan. Udara lebih bersih, dan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Di samping itu, saat melakukan olahraga lari setelah bangun tidur, kalori yang terbakar sepanjang lari lebih banyak. Selain itu, nyatanya kenapa orang lebih banyak berlari di pagi hari karena pada waktu inilah orang-orang bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga.

 

5 dari 6 halaman

Hanya saja, pada pagi hari suhu tubuhmu masih sangat rendah, sehingga butuh waktu lebih lama untuk pemanasan.

Berlari di sore hari lebih baik, namun pagi hari bukan juga hal yang buruk. Sesempatnya kamu saja untuk berolahraga, ya! Salam sehat!

Join Diadona.id