Padahal Berat Badan Nggak Nambah, Kenapa Tetap Muncul Stretch Mark sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 20 Mei 2020 12:25
Padahal Berat Badan Nggak Nambah, Kenapa Tetap Muncul Stretch Mark sih?
Pernah mengalami ini nggak?

Stretchmark atau guratan merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang cukup menganggu. Banyak wanita yang seringkali kurang pede akibat adanya guratan yang membuat kulit jadi terlihat nggak mulus. Apalagi kalau munculnya di area yang mudah terlihat, pasti makin sebel deh.

Memang terdapat tempat-tempat tertentu yang sering dihinggapi stretch mark, seperti payudara, perut atas, lengan atas, pantan dan paha. Awalnya guratan ini akan berwarna merah, merah muda atau ungu, namun lama kelamaan guratan ini akan berubah berwarna putih atau kelabu.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Pada umumnya stretch mark terjadi karena tubuh bertumbuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Sehingga ketika kulit meregang lebih cepat akibat adanya pertambahan berat badan atau lemak tubuh, maka secara otomatis lapisan tengah kulit akan menipis. Sehingga lapisan di bawahnya akan muncul ke permukaan dan membentuk stretch mark.

Nah, namun ternyata dalam beberapa kondisi, stretch mark bisa muncul meski tidak adanya pertambahan berat badan ataupun lemak tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa hal ini bsia jadi penyebabnya.

2 dari 4 halaman

Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu hal yang tak bisa diubah. Jika kedua orang tuamu juga memiliki hal ini, maka kamu pun lebih rentan akan memiliki stretch mark. Pada kondisi ini sebaiknya kamu memberikan perawatan lebih pada kulit, untuk menghindari adanya stretch mark yang berlebih.

 

3 dari 4 halaman

Usia remaja

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona


Masa remaja atau pubertas juga jadi salah satu penyebab munculnya stretch mark pada bebrapa orang. Hal ini disebabkan karena pada saat pubertas, hormon dalam tubuh sedang sangat aktif. Sehingga sangat mungkin untuk membuat pertumbuhan tubuh jadi cepat.

Karena penambahan tinggi badan di sebagian area tubuh ini lah yang mengakkibatkan muncul stretch mark. Pada laki-laki misalnya, akan muncul di area pinggang atau juga lengan atas. Sedangkan wanita muncul di lengan atas atau payudara.

4 dari 4 halaman

Konsumsi obat


Adanya konsumsi obat steroid dalam dosis yang besar dalam waktu yang cukup lama nyatanya beresiko menimbulkan penyakit cushing syndrome. Nah salah satu gejala adanya penyakit ini adalah dengan munculnya stretch mark pada kulit.

Nah itu merupakan penyebab munculnya stretch mark pada kulit. Jadi munculnya gangguan pada kulit ini nggak selalu disebabkan karena penambahan berat badan ya.

Beri Komentar