Padahal Masih Muda tapi Kenapa Sering Lupa, Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 4 Agustus 2021 17:03
Padahal Masih Muda tapi Kenapa Sering Lupa, Ya?
"Masih muda kok sering lupaan, sih?" kata salah seorang

Kata itu mungkin sering terucap dari teman, keluarga atau siapapun pada kita. Lupa merupakan sesuatu yan lumrah terjadi pada manusia. Seperti pepatah yang bilang kalau manusia memang tempatnya lupa dan salah. Meski sering dikaitka dengan umur, namun ternyata banyak juga kok anak muda milenials jaman now yang sering lupa.

Tapi kenapa hal ini bisa terjadi ya? Coba sini yuk kita cari tahu jawabannya.

1 dari 5 halaman

Lagi Banyak Pikiran

Ilustrasi Wanita Berpikir © Diadona

Dilansir dari laman Healthline, sering lupa di usia muda bisa terjadi karena terlalu banyak hal yang dipikirkan. Ketika sedang melakukan banyak hal di waktu yang sama, perhatian kita jadi rentan terbagi dalam menyerap informasi di sekitar kita. Hal inilah yang menyebabkan memori di otak jadi lost control dan mudah lupa.

2 dari 5 halaman

Kejenuhan

Ilustrasi Wanita Sedang Bosan © Diadona

Jenuh juga dapat menjadi penyebabnya. Ketika merasa jenuh, maka otak nggak akan menyerap informasi yang dilakukan dengan efektif. kejenuhan cenderung membuat kita melakukan kegiatan secara cepat, tanpa memperhatikan detail.

Untuk dapat tetap fokus, kamu dapat mencoba membuat target tugas untuk diselesaikan, kemudian beristirahatlah setiap tiga jam sekali, misalnya dengan memejamkan mata selama 5-10 menit.

3 dari 5 halaman

Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup, padahal sel ini penting untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan yang terdapat dalam tubuh.

Akibatnya hal ini membuat tubuh jadi lemas, lelah dan susah berkonsentrasi.

4 dari 5 halaman

Kurang tidur

Ilustrasi Wanita Mengantuk © Diadona

Efek kurang tidur pada orang yang masih muda, seringkali menjadi penyebab sering lupa. Buat kita-kita yang masih muda, mungkin memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu, hingga tak cukup tidur atau bahkan kebiasaan screentime sebelum tidur.

Kurang tidur inilah yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan. Dan pada gilirannya bisa menimbulkan masalah ingatan.

Beri Komentar