Padahal Objek yang Dilihat Sama, tapi Kenapa Minus Mata Kanan dan Kiri Bisa Berbeda Ya?

Health | Selasa, 15 Juni 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya...

Mata merupakan salah satu indra terpenting bagi tubuh. Namun jika tak dirawat dengan baik, tak jarang mata akan mengalami gangguan. Beberapa kondisi menyebabkan mata jadi minus, silinder hingga plus. Ketiganya adalah kondisi gangguan yang berbeda.

Untuk mata minus sendiri misalnya, umumnya bagian kanan dan kiri akan mengalami perbedaan tingkatan minus. Bahkan tak sedikit yang salah satu matanya mengalami gangguan minus, namun sisi mata lainnya justru silinder. Padahal kalau dipikir-pikir, bukan kah mata selalu melihat hal yang sama ya?

Padahal Objek yang Dilihat Sama, tapi Kenapa Minus Mata Kanan dan Kiri Bisa Berbeda Ya?
2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita BerkacamataIlustrasi Wanita Berkacamata © Shutterstock

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata mata minus di bagian kanan dan kiri memang hal yang wajar. Hal ini karena sebenarnya kita tidak menggunakannya bersamaan, bahkan jarang digunakan bersamaan lho. Kita hanya sering membuka dan menutup keduanya bersamaan.

Karena banyak kondisi yang membuat mata satu dengan mata yang lainnya mendapat paparan cahaya yang berbeda.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita BerkacamataIlustrasi Wanita Berkacamata © Shutterstock

Meski sama-sama terbuka, namun tiap mata mendapat paparan cahaya yang berebeda. Nah, hal ini lah yang menyebabkan mata kanan dan kiri dapat memiliki tingkatan minus atau silinder yang berbeda-beda.

Jadi itu dia penyebab mata kanan dan kiri memiliki visus atau ketajaman penglihatan yang berbeda-beda, guys.

Nah, oleh sebab itu, sering-sering cek ke dokter deh kalau minus mata kita sudah mulai tinggi. Jangan lupa juga buat mengonsumis makanan bervitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Stay healthy ya!

Join Diadona.id