Pakai Softlens Seharian, Aman Nggak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 15 Juni 2021 08:27
Pakai Softlens Seharian, Aman Nggak Sih?
Bahkan sampai ada yang pakai softlens sampai ketiduran.

Selain kacamata, memakai lensa kontak alias softlens adalah salah satu cara untuk mengatasi mata yang kabur. Untuk sebagian wanita, mereka lebih memilih softlens karena memiliki penampilan visual yang lebih indah. Tak sedikit dari mereka yang malah memakai softlens hampir seharian karena beberapa alasan, bahkan sampai lupa dicopot saat tidur.

Pertanyaannya, apakah aman memakai softlens dalam waktu yang begitu lama?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Pakai Softlens © Diadona

Melansir dari Hellosehaet, ternyata waktu yang tepat untuk memakai softlens tidak lebih dari 12 jam. Jika mata merasa tidak nyaman sebelum 12 jam, sesegera mungkin copot softlens yang sedang digunakan. Jika tidak, bisa memberikan dampak buruk untuk kornea mata.

Jika lebih dipakai lebih dari 12 jam, mata bisa kering, merah, kornea bengkak, penglihatan kabur, bahkan infeksi. Apalagi sampai dibawa tidur, jangan sampai ya! Sebab kornea mata itu butuh oksigen, sedangkan penggunaan softsens bisa menghambat oksigen masuk ke mata. Ya, apalagi dipakai seharian sampai kebawa tidur~

 

2 dari 3 halaman

Jika oksigen yang masuk ke mata beneran nggak cukup, nantinya bisa membentuk pembuluh darah baru di dalam mata. Tujuannya ya agar oksigen yang dibawa bisa lebih banyak. Namun, efeknya berdampak pada kesehatan mata, sebab itu bukanlah pembuluh darah normal.

Namun kamu sudah terlanjut menggunakan softlens seharian beberapa kali dan sudah timbul masalah kesehatan matanya, hentikan dulu pemakaian softlens. Jangan lupa untuk pergi ke dokter terkait agar mendapatkan penanganan, obat, serta saran yang tepat ke depannya.

 

Beri Komentar