Pasti Dialami Wanita, Begini Gejala Puber Kedua di Usia 40 Tahun

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 16 Juni 2021 17:03
Pasti Dialami Wanita, Begini Gejala Puber Kedua di Usia 40 Tahun
Tak dapat dipmungkiri, adanya fluktuasi hormon ini menyebabkan sederet perubahan ini pada wanita di puber kedua.

Tak hanya pria, setiap wanita akan mengalami masa puber kedua. Hal ini biasanya terjadi ketika usia 40 tahun yang disebut juga dengan perimenopause.

Pubertas kedua pada wanita ini merupakan penanda transisi dari masa non-kesuburan. perimenopause ini adalah masa dimana wanit mengalami perubahan signifikan dalam hidup. Baik itu secara fisik, fisiologis, psikologis, juga emosional.

Dilansir dari thestar.com, perubahan ini dapat membuat seorang wanita jadi tak stabil dalam menghadapi berbagai hal. Kira-kira apa saja perubahannya?

1 dari 4 halaman

Perut dan lemak tubuh

Ilustrasi Perut Buncit © Diadona

Selama masa pubertas kedua, lemak di payudara akan menyebar ke pinggul. Selama perimenopause, metabolisme lemak melambat sehingga menyebabkan lemak bergerak ke perut. Wanita juga mengalami efek kendur pada payudara.

2 dari 4 halaman

Gangguan mood dan depresi

Ilustrasi Wanita Murung © Diadona

Pada tahun 2006, peneliti dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat menemukan peningkatkan risiko depresi di masa perimenopause. Karena estrogen yang mengatur suasana hati mulai berkurang.

Fluktuasi hormon selama perimenopause itulah yang menyebabkan kemurungan, perasaan sedih, gelisah dan mudah tersinggung.

3 dari 4 halaman

Memori dan konsentrasi

Ilustrasi Wanita Capek © Diadona

Kadar estrogen yang mulai berkurang juga memengaruhi fungsi kognitif otak yang mengatur fungsi-fungsi seperti memori, konsentrasi dan flesibilitas mental. Studi menunjukkan bahwa sekitar 40 persen wanita permenopause lebih mudah lupa.

4 dari 4 halaman

Kecantikan dan keintiman

ilustrasi wanita © Diadona

Wanita yang mengalami pubertas kedua juga akan mengalami hilangkan kekencangan kulit, kulit kering, vagina kering, iritasi dan infeksi. Kondisi ini tentu saja memengaruhi seksualitas sekaligus kepercayaan diri wanita.

Nah berbagai perubahan ini yang umumnya dialami wanita di fase puber kedua atau saat usia 40an. Tak perlu khawatir, karena ini adalah hal yang normal terjadi pada wanita.

Beri Komentar