Pecah Rekor Dunia, India Catat Kasus COVID-19 Capai 78 Ribu Per Hari

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 1 September 2020 07:27
Pecah Rekor Dunia, India Catat Kasus COVID-19 Capai 78 Ribu Per Hari
Tinggi banget angkanya.

Dunia masih memerangi virus corona. Di beberapa negara, pandemi ini masih berlanjut hingga sekarang. Bahkan melansir dari Liputan6.com, kini India mencatat rekor dunia sebagai kasus terbanyak covid-19!

Mengutip dari AFP, India yang dinobatkan sebagai infeksi ketiga di dunia, melaporkan ada 78.761 kasus baru COVID-19 hanya dalam sehari.

1 dari 4 halaman

Hal ini terjadi karena pemerintah melonggarkan kebijakan karena perekonomian yang rendah. Sebab sejak Maret lalu, jutaan orang India telah kehilangan pekerjaan.

" Ini adalah lonjakan satu hari terbesar dalam kasus di seluruh dunia dan alasan di balik ini karena pandemi menyebar di daerah perdesaan," ungkap Manoj Ukmar, dokter kardiologi kepada Reuters.

2 dari 4 halaman

Awalnya, India melakukannya dengan baik. Namun, orang-orang mulai mengira jumlahnya turun, dan akhirnya mereka tak menjaga jarak dan tidak mengenakan masker.

" Orang-orang mengira begitu jumlahnya mulai turun, inilah saatnya, mereka memenangkan perang. Semua orang di luar sana tidak mengenakan masker dan menjaga jarak sosial," ujar ketua devisi vaskular perifer dan ilmu endovaskular di Medanta, Rajiv Parekh.

3 dari 4 halaman

Pihak pemerintah pun tetap mengimbau masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan.

" Penting agar setiap warga negara sehat dan bahagia dan kita bersama-sama mengalahkan Virus Corona sepenuhnya," ucap Perdana Menteri Narendra Modi. " Corona hanya bisa dikalahkan jika Anda tetap aman, jika Anda memenuhi tekad menjaga jarak aman dua meter dan mengenakan masker."

Beri Komentar