Peneliti Buktikan Permen dan Kopi Dapat Deteksi Anosmia pada Covid-19

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 16 Januari 2021 17:25
Peneliti Buktikan Permen dan Kopi Dapat Deteksi Anosmia pada Covid-19
Jadi gejala khas Covid, begini cara menguji indra penciuman..

Anosmia atau hilangnya indra penciuman merupakan salah satu gejala khas dari Covid-19. Namun tentu saja, gejala ini tak hanya dialami karena virus Corona, namun juga dapat karena virus lainnya.

Dilansir dari CNN.com, ahli THT Erich Voight mengatakan, pembengkakan yang terjadi di hidung akibat virus juga bisa mencegah partikel bau mencapai area saraf penciuman yang ada pada hidung.

"Saat pembengkakan itu mereda, indera penciuman bisa kembali," ujar Voight.

1 dari 2 halaman

ilustrasi bau © Diadona

Selain pilek dan flu yang paling sering dialami, hilangnya fungsi indra penciuman juga bisa disebabkan karena polip hidung, tumor, penyakit neurodegeneratif. Misalnya seperti Alzheimer, Parkinson, serta cedera otak atau trauma kepala.

Karena itu, untuk memastikan fungsi indra penciuman dan perasa dalam keadaan yang baik, salah satu caranya dapat menggunakan permen (jellybean) dengan tekstur rasa yang unik.

ilustrasi permen © Diadona

Direktur Center for Smell and Taste Florida University, Steven Munger pun membagikan cara mudah untuk menguji indra penciuman dengan jellybean. Caranya, tutup lubang hidung hingga tidak ada aliran udara yang masuk, lalu masukkan jellybean ke dalam mulut dan dikunyah.

" Jika Anda mendapatkan rasa gurih ditambah manisnya jellybean, berarti fungsi indera perasa Anda masih berfungsi," kata Munger.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Kopi dan Jeruk © Diadona

Setelah itu, saat masih mengunyah lepas tangan yang menutupi lubang dengan cepat. Jika fungsi indra penciuman masih berjalan normal, kamu bisa mencium semua bau termasuk bau permen jellybean yang kamu kunyah.

" Ini benar-benar jenis respons yang sangat dramatis dan cepat," lanjutnya.

Dalam medis, proses ini dikenal dengan penciuman hidung retro. Dimana bau akan mengalir dari bagian belakang mulut, ke atas faring, lalu masuk ke bagian rongga hidung.

Nah selain permen, kamu juga menguji indra penciuman menggunakan kopi dan jeruk guys.

Beri Komentar