Pengidap Asma Gak Boleh Olahraga, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 21 Juli 2021 07:27
Pengidap Asma Gak Boleh Olahraga, Mitos atau Fakta?
Benar gak sih pengidap asma dilarang untuk olahraga?

Asma merupakan gangguan pernapasan jangka panjang atau kronis, ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas, sehingga orang dengan pengidap ini jadi sesak dan sulit bernapas.

Berhubungan dengan hal tersebut, banyak orang mengatakan bahwa pengidap asma jangan olahraga karena memiliki sesak napas. Apakah benar orang dengan asma nggak boleh olahraga?

 

1 dari 4 halaman

Mitos

Ilustrasi Asma © Diadona

Ternyata, kabar tersebut hanyalah mitos belaka. Melansir dari Klikdokter.com, rutin olahraga justru sangat bermanfaat bagi pengidap asma. Orang dengan asma yang rutin olahraga bisa terhindar dari obesitas. Sementara itu, pengidap asma dengan obesitas memiliki gejala yang lebih buruk.

Namun, pastikan jika ingin berolahraga kondisi tubuh benar-benar memungkinkan dan penyakit terkontrol dengan obat. Selain itu, tak semua olahraga cocok dengan pengidap asma. Melansir dair halodoc, ini 4 jenis olahraga yang cocok untuk pengidap asma.

 

2 dari 4 halaman

Jenis Olahraga untuk Pengidap Asma

Aerobik Sederhana

Ilustrasi Bersepeda Bersama © Diadona

Salah satu jenis olahraga yang cocok untuk pengidap asma adalah aerobik sederhana dengan intensitas sedang. Misalnya saja seperti berjalan, menari, dan bersepeda. Melakukan olahraga jenis ini tidak akan membuat asma cepat kambuh.

Aerobik berat

Ilustrasi Berenang © Diadona

Meskipun asma, kamu juga bisa melakukan aerobik dengan intensitas berat seperti jogging, sepak bola, atau berenang. Berenang ini olahraga yang paling tepat sih, untuk pengidap asma. Sebab olahraga ini dilakukan di tempat hangat dan lembab, cocok sekali untuk pengidap asma.

 

3 dari 4 halaman

Latihan Beban

Ilustrasi Wanita Angkat Beban © Diadona

Latihan beban berguna untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Pengidap asma cocok melakukan hal tersebut. Kamu bisa membeli alat beban seperti dumbell, atau bahkan pergi ke gym. Jika memang tidak ada, menjinjing kantung belanjaan dari supermarket juga termasuk latihan beban, lho!

Latihan Pikiran dan Tubuh

Ilustrasi Wanita Yoga © Diadona

Kalau jenis olahraga satu ini benar-benar aman buat pengidap asma. Ya, jenis olahraga pikiran dan tubuh seperti pilates, yoga, dan tai chi boleh banget kamu coba. Manfaat yang bisa didapatkan adalah meningkatkan fleksibilitas, mobilitas sendiri-sendiri tubuh, serta mempunyai pikiran yang jernih.

Beri Komentar