Penting, Ganti Sikat Gigi, Sebelum Langganan Penyakit Ini!

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 20 Oktober 2020 12:46
Penting, Ganti Sikat Gigi, Sebelum Langganan Penyakit Ini!
Jika berbicara tentang kebersihan mulut, yang pasti terkait adalah sikat gigi. Apakah kamu termasuk orang yang rajin merawat gigi?

Dokter Sung

Sikat gigi juga pasti jadi salah satu benda yang wajib ada di sebuah rumah. Walau selalu nempel dengan pasta gigi dan dicuci bersih, sikat gigi gak selama layak digunakan, lho! Dia juga bisa "kadaluarsa."

Melansir kata dr. Sungadi Santoso di kanal YouTube SB30 Health, sikat gigi harus diganti setelah tiga bulan digunakan.

Ini sangat bergantung pada seberapa sering kamu menggunakan sikat gigi. Nilai sikat gigi dari penampilannya dan berapa lama kamu menggunakannya.

1 dari 3 halaman

Punya Jangka Waktu Penggunaan

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

" Sikat gigi juga punya jangka waktu penggunaan, jadi saya bisa menyarankan Anda untuk setiap 3 bulan, Anda mengganti sikat gigi."

" Jangan nunggu sampai bulu sikatnya tercabut semua, atau bulu sikatnya sudah tidur, baru Anda ganti. Karena, sikat gigi setelah Anda pakai, Anda simpan, itu sebenarnya telah menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri di sana." Imbuh dokter berkacamata itu.

Kondisi sikat gigi yang basah, akan jadi lokasi ideal untuk tumbuhnya bakteri.

2 dari 3 halaman

Tempat Tumbuh Bakteri

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

" Lama-kelamaan, bakteri tersebut akan bertambah banyak, karena tentu saja Anda simpan dalam kondisi masih basah. Apalagi, kalau kamar mandi Anda lembab."

Nah, di sini nih seramnya, jika kamu merasa kerap sakit pilek dan terus berulang, bisa jadi dalangnya adalah sikat gigi yang sudah tak layak pakai.

3 dari 3 halaman

Sebabkan Pilek

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

" Jika Anda yang sering pilek, atau yang sering setelah pilek sembuh, kemudian pilek lagi, mungkin Anda lupa mengganti sikat gigi Anda. Di sana sudah banyak kuman, sudah banyak bakteri, dan itu akan menulari diri Anda." Tutup dr. Sung.

Yuk, lebih jaga diri lagi dengan memperhatikan apa yang kita gunakan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar