Penyakit Step pada Anak - Penyebab, Obat dan Bisakah Dicegah dengan Kopi?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 25 Maret 2021 21:54
Penyakit Step pada Anak - Penyebab, Obat dan Bisakah Dicegah dengan Kopi?
Penyakit step pada anak memang mengkahawatirkan. Tapi pada kebanyakan kasus, ini nggak meninggalkan dampak serius. Yang penting adalah bagaimana respon orang tua saat anak mengalami kejang

Penyakit step adalah kejang yang terjadi pada anak kecil yang mengalami demam di atas 38 derajat celcius. Kondisi ini memang sangat menakutkan bagu orang tua. Namun syukurnya secara umum ini bukan kondisi yang berbahaya. Step pada anak biasanya berlangsung selama beberapa menit dan kebanyakan nggak jadi masalah kesehatan yang serius.

Penyakit step atau kejang demam terjadi karena demam yang dipicu oleh infeksi ataupun pasca vaksinasi. Nah, dikutip dari Mayo Clinic, yang paling penting adalah gimana orang tua menjaga agar anak tetap merasa nyaman selama step dan setelahnya. Penting juga untuk menghububngi dokter secepat mungkin setelah terjadinya step untuk dilakukan evaluasi kejang.

Dikutip dari Web MD, keajng terjadi karena karena adanya gangguan sinyal secara tiba-tiba dan tak terkendali pada otak. Nah karena sel saraf juga ada pada tot, maka bila terjadi gangguan maka otak bakalan memerintah otot untuk melakukan gerakan dan inilah yang menyebabkan kejang.

Terdapat dua jenis penyakit step, yaitu:

Penyakit Step Sederhana

Merupakan kondisi yang paling umum dan terjadi selama beberapa menit. Dalam kasus yang aprah, kejang bisa berlangsung selam 15 menit dengan anak mengalami tanda berupa:

  • Kejang dan kedutan di seluruh tubuhMata berputar
  • Mengerang
  • Hilang kesadaran
  • Muntah atau buang air kecil selama kejang terjadi

Penyakit Step Kompleks

Yakni kejang yang beralsngung selama lebih dari 10 menit dan terjadi lebihd ari sekali dalam kurun waktu 24 jam. Kejang cuman terjadi pada satu bagian atau satu sisi tubuh.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Step

Penyakit Step © Diadona

Umumnya, penyakit step ini terjadi karena demam. Dikutip dari Kids Health, bukti menunjukkan kalau penyakit step ini ada kaitannya dengan gimana otak anak yang sedang berkembang bereaksi terhadap demam.

Apakah step selalu muncul pada demam yang tinggi? Tak selalu, karena demam ringanpun bisa jadi pemicu.

Infeksi

Penyakit step umumnya terjadi karena demam yang disebabkan karena infeksi virus. Infeksi bakteri pun juga bisa, meski ini jarang terjadi.

Kejang Pasca Vaksin

Risiko penyakit step bisa meningkat setelah beberapa vaksinasi pada anak, termasuk diantaranya vaksin difteri, tetanus dan pertusis dan vaksin campak-gondok-rubella. Mommies pasti tahu kanb kalau beberapa anak mengalami demam setelah vaksinasi. Dan bila step terjadi setelah vaksin, ini bukan karena vaksinnya melainkan karena demamnya.

Penyakit step sering kali dikaitkan dnegan kondisi yang berbahaya pada otak anak. Tapi, pernyataan ini benar?

Ternyata tidak ya Moms. Masih dari Mayo Clinic, kebanyakan penyakit step ini nggak menghasilkan efek yang bertahan lama dalam tubuh anak. Penyakit step ini ngak menyebabkan kerusakan otajk, cacat intektual atau ketidak mampuan belajar. Kejang juga vukan merupakan tanda bahwa anak punya kelainan dasar yang patut dikhawatirkan. Singkatnya nih, kecil kemungkinan kalau kejang pada anak mengakibatkan masalah yang serius.

Meski begitu, bedakan dengan kejang pada epilepsi ya. Epilepsi sendiri adalah kejang berulang tanpa sebab dan terjadi karena adanya sinyal abnormal di otak.

2 dari 3 halaman

Penyakit Step pada Anak dan Kopi

Penyakit Step © Diadona

Banyak sekali kepercayaan yang ada di masyarakat menyangkut tentang kesehatan, kehamilan hingga parenting. Salah satu yang paling terkenal adalah pemberian kopi untuk mencegah step pada bayi. Tapi, apakah ini benar?

Melansir the Asian Parents, kopi justru punya efek yang buruk pada kesehatan bayi secara keseluruhan. Pemberian kopi pada bayi bisa memicu aritmia jantung, yakni ketidak normalam detak jantung pada bayi.

Untuk pencegah penyakit step, penting untuk memberikan obat demam pada anak misalnya asetaminofen atau ibuprofen sehingga anak merasa lebih nayamn dan tidak kejang.

3 dari 3 halaman

Obat Penyakit Step

Penyakit Step © Diadona

Obat dan tindakan apa yang harsu dilakukan saat anak mengalami penyakit step?

Orang tua harap tenang dan lakukan tindakan berikut ini:

  • Letakkan anak dengan lembut di lantai
  • Singkirkan semua benda yang berada di sekitar anakTempatkan anak di posisi miring untuk mencegah tersedak
  • Kendurkan pakaian anak, etrutama di kepala atau leher
  • Catat berapa lama kejang berlangsung
  • Perhatikan tanda-tanda gangguan pernapasan, misalnya wajah anak berubah menjadi kebiruan

Dan hal-hal berikut ini jangan dilakukan selama anak mengalami penyakit step:

  • Jangan menahan anak
  • Jangan memasukkan apaapun ke mulut anak
  • Jangan memberikan obat demam ke anak
  • Jangan memasukkan anak ke air hangat atau air dingin

Namun mommies harus waspada ya bila tanda berikut muncul pada anak:

  • Kejang berlangsung lebih dari 5 menit
  • Kejang cuman melibatkan satu bagian tubuh, bukan seluruhnya
  • Gangguan pernapasan
  • Nggak bisa merespon normal
  • Kejang lagi dalam waktu 24 jam
  • Penghentian kejang hanya dengan pemberian obat kejang

Penyakit step memang terlihat mengkhawatirkan, tapini cukup umum dan biasanya bukan gejala penyakit yangs erius. Tapi perhatikan apa yang tidak boleh dilakukan saat anak sedang kejang dan cermati tanda bahaya yang muncul.

Beri Komentar