Penyebab Kanker Darah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai, Moms

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 3 Juli 2020 15:07
Penyebab Kanker Darah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai, Moms
Hal-hal ini loh yang perlu diwaspadai sebagai penyebab kanker darah.

Penting banget nih moms, mengetahui penyebab kanker darah pada anak agar bisa ditangani dari awal. Sebab, mengutip dari berbagai sumber mengatakan bahwa kanker darah atau leukimia ini berbahaya dan biasa menyerang anak-anak. Kanker darah sendiri merupakan kondisi di mana kanker menyerang sel darah putih.

Penyebab kanker darah ini sebenarnya belum diketahui pasti. Saat terkena kanker, sel darah putih ini meningkat jumlahnya sehingga tidak mampu melindungi tubuh dari infeksi. Parahnya lagi, justru sel darah putih ini berbalik menyerang sel-sel yang ada di dalam tubuh itu sendiri.

Kanker darah bisa terjadi karena adanya mutasi atau perubahan sifat genetik pada sel. Sehingga menyebabkan sel tumbuh secara tidak terkontrol.

1 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Darah pada Anak

Penyebab Leukemia pada Anak © Diadona
Sebenarnya moms, penyebab kanker darah belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa faktor yang bisa memicu leukimia menyerang anak. Salah satunya karena kelainan genetik, seperti Down Syndrome, Sindrom Li-Fraumeni, neurofibromatosis pada anak dan anemia Fanconi.

Ada pula yang menyebutkan bahwa terkena paparan radiasi juga bisa menyebabkan leukimia. Selain itu, ibu hamil yang aktif minum alkohol juga dipercaya bisa meningkatkan risiko penyebab kanker darah pada anak. Akan tetapi, hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

Penyakit yang menyerang daya tahan tubuh anak ini dikarenakan virus juga. Jadi virus penyebab kanker darah adalah retrovirus, yaitu kelompok virus yang membawa karakteristik khusus dan tidak terlihat, Virus leukemia Feline yang menginfeksi kucing dan HTLV-1 yang biasana menyerang orang dewasa.

2 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Kanker Darah

Penyebab Leukemia © Diadona
Selain hal-hal di atas yang memicu leukemia pada anak, ada juga faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab penyakit kanker darah, yaitu:

1. Merokok bisa meningkatkan risikon kanker darah, terutama leukemia mielogen akut.

2. Faktor keturunan atau genetik juga berperan dalam memicu kanker darah. Pengidap gangguan genetika seperti Down Syndrome misalnya yang berpeluang besar terkena leukemia dan hal ini biasa diturunkan dari keluarga yang banyak dialami pria.

3. Riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker darah juga memiliki risiko yang sama pada anggota lainnya.

4. Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau terpapar zat-zat kimia berbahaya.

5. Pernah menjalani pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi juga diduga menjadi penyebab penyakit kanker darah.

3 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Darah dan Gejalanya

Ciri-Ciri Leukimia © Diadona
Selain penyebab kanker darah, kita juga perlu mengetahui gejala apa saja yang dialami anak jika menderita leukemia.

Mudah Mengalami Pendarahan


Salah satu tanda anak menderita kanker darah adalah gampang mengalami pendarahan. Hal ini terjadi karena jumlah trombosit yang menurun sehingga bisa mengganggu proses pembekuan darah.

Maka dari itu, anak akan mudah mengalami pendarahan. Biasanya ditandai dengan mudah memar, gusi berdarah dan sering mimisan.

4 dari 6 halaman

Kesulitan Bernapas


Anak yang terkena kanker darah juga bisa mengalami kesulitan bernapas karena memengaruhi kelenjar timus. Letak kelenjar yang di leher ini bisa membengkak dan menekan trekea sehingga membuat anak sulit bernapas.

Kesulitan bernapas pada penderita kanker darah ini dikarenakan adanya penumpukan sel-sel abnormal di pembuluh darah paru-paru.

Wajah Pucat


Tampilan fisik yang terlihat adalah wajah pucat. Sebab, kanker darah membuat sel darah merah atau eritrosit menurun.

Jika jumlahnya menurun maka kadara hemoglobin dalam darah juga menurun. Oleh sebab itu anak mengalami anemia yang gejalanya pucat, lelah, lemas dan sesak napas.

5 dari 6 halaman

Rentan Terkena Infeksi


Sel darah putih memiliki peran melindungi tubuh dari infeki. Akan tetapi jika mengalami leukemia, sel-sel ini tidak bisa berfungsi normal dan membuat anak rentan terkena infeksi.

Pembengkakan Kelenjar


Anak yang menderita kanker darah juga mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening. Sebab, sel-sel darah putih sering mengumpul di kelenjar getah bening dan menyebabkan pembengkakan. Hal ini menimbulkan gejala berupa benjolan di leher, dada, ketiak atau pangkal paha.

6 dari 6 halaman

Mengalami Nyeri Tulang dan Sendi


Anak-anak yang terkena leukemia juga biasa merasakan nyeri di tulang maupun sendi. Hal ini diakibatkan adanya penumpukan sel darah putih yang abnormal.

Hilangnya Nafsu Makan dan Nyeri Perut


Sel-sel abnormal yang menumpuk di hati, ginjal dan limpa membuat organ tersebut membengkak dan menekan organ lainnya. Oleh karena itu menimbulkan nyeri di perut. Nafsu makannya pun ikut menurun.

Jadi itu tadi moms, penyebab kanker darah pada anak dan gejalanya yang perlu kita ketahui. Selain itu juga penting untuk mewaspdainya. Segera periksakan ke dokter jika ada gejala di atas yang dialami sang buah hati.

Beri Komentar