4 Penyebab Panas Dalam dan Sariawan, Jangan Remehkan ya!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 17 Juni 2020 14:39
4 Penyebab Panas Dalam dan Sariawan, Jangan Remehkan ya!
Penyebab panas dalam bisa karena kebiasaan-kebiasaan ini loh!

Penyebab panas dalam dan sariawan ini bisa karena makanan yang kita konsumsi. Tapi ada juga penyebab lain menurut Ustaz Danu yang nggak pernah kita sadari selama ini. Memang sih, panas dalam bukan penyakit parah tapi cukup mengganggu kan?

Panas dalam sendiri merupakan kondisi di mana seseorang merasakan tenggorokan yang tidak nyaman seperti nyeri dibuat menelan. Selain itu juga bibir pecah-pecah dan bau mulut. Bisa juga hal ini dikarenakan adanya infeksi virus dan bakteri loh!

1 dari 5 halaman

Penyebab Panas Dalam dan Sariawan

Kenali sebab panas dalam dan sariawan agar kita bisa mencegahnya.

Kekurangan Asupan Vitamin

Penyebab Panas Dalam dan Sariawan © Diadona
Pasti pernah dengar kan, kalau penyebab panas dalam dan sariawan itu karena kekurangan vitamin C? Yap, benar loh! Selain itu juga kurang mendapatkan asupan vitamin B12 dan zat besi.

Pemicu lainnya bisa dari kekurangan asal folat, seng dan kalsium. Makanya penting banget buat kita mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Misalnya seperti ikan, daging, telur, produk olahan susu, hati, kacang-kacangan, tahu, kentang dan bayam.

2 dari 5 halaman

Kurang Minum Air Putih

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona
Benar banget guys, penyebab panas dalam selanjutnya ditandai dengan kekurangan mineral. Kalau kekurangan air putih kamu bisa dehidrasi sehingga mengalami panas dalam dengan kondisi bibir yang pecah-pecah.

Usahakan setiap harinya memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh ya. Seenggaknya dalam sehari minum 8 gelas.

3 dari 5 halaman

Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab Panas Dalam dan Sariawan © Diadona
Tubuh memang membutuhkan vitamin C, biasanya ada di buah-buahan berwarna orange dan kuning seperti jeruk, lemon atau nanas. Namun kalau buah asam ini menekan jaringan di mulut yang terluka juga bisa menyebabkan sariawan.

Makanan pedas, buah yang masam dan gorengan juga sebaiknya kita hindari karena bisa memicu sariawan. Selain itu tenggorokan juga akan terasa panas dan perih. Kurang-kurangin deh guys!

4 dari 5 halaman

Imun Tubuh Menurun

Penyebab Panas Dalam dan Sariawan © Diadona
Sistem imun yang menurun juga bisa jadi penyebab panas dalam dan sariawan selanjutnya. Misalnya seperti keurang tidur. Padahal tubuh ini setidaknya butuh waktu selama 6-8 jam untuk istirahat loh!

5 dari 5 halaman

Nah jadi itu tadi penyebab panas dalam dan sariawan. Mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga emosi yang tidak bisa dikendalikan. Yuk, mulai hidup sehat dengan hati dan jiwa yang bersih juga!

Beri Komentar