Penyebab Serangan Jantung Mendadak di Usia Muda yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 29 Juni 2020 22:27
Penyebab Serangan Jantung Mendadak di Usia Muda yang Perlu Kamu Ketahui
Tahu nggak sih, hal-hal ini bisa jadi penyebab serangan jantung di usia muda loh!

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab serangan jantung. Biasanya kondisi ini menyerang orang tua atau lansia. Usia yang umum terkena serangan jantung yaitu 40 tahun ke atas. Namun, bisa juga mengalaminya di usia muda nih guys!

Menurut American College of Cardiology, justru umum dialami oleh usia muda. Rata-rata orang-orang di usia 20 sampai 30 tahunan. Nah loh, nggak hanya menyerang orang tua aja ya. Kita kenali penyebabnya yuk, biar bisa antisipasi sedini mungkin!

1 dari 6 halaman

Penyebab Serangan Jantung Mendadak

Penyebab Serangan Jantung © Diadona
Penyebab serangan jantung mendadak ini karena adanya hambatan aliran darah ke otot jantung. Serangan jantung juga biasa disebut sindrom koroner yang mana gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Tentu saja hal ini mengganggu kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga dengan infark miokard. Penyebab utamanya dikarenakan terjadi penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung (pembuluh darah koroner) akibat ada timbunan kolesterol yang sampai terbentuknya plak di dinding pembuluh darah.

Kondisi serangan jantung ini bisa semakin parah apabila ada gumpalan darah. Akibatnya bisa menyumbat seluruhnya secara total pembuluh darah dan menimbulkan serangan jantung. 

2 dari 6 halaman

Berikut ini beberapa penyebab serangan jantung mendadak yang dikarenakan penyakit, antara lain:

Jantung Koroner


Sempat disinggung sebelumnya, penyakit jantung korener ini mengakibatkan suplai darah yang terganggu dan jumlahnya untuk dialirkan ke jantung jadi berkurang.

Penyumbatan aliran darah ini diakibatkan adanya penumpukan plak, seperti kolesterol yang nantinya bisa pecah dan membuat darah menggumpal.

Hipoksida


Penyebab serangan jantung mendadak karena penyakit lainnya, yaitu hipoksida. Kondisi ini terjadi saat darah kekurangan oksigen yang dikarenakan keracunan karbon mokonsida. Sehingga kinerja paru-paru berkurang.

 

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Serangan Jantung © Diadona

Selain itu, ada pula beberapa penyakit yang bisa memicu serangan jantung mendadak, seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes hingga penyakit autoimun. Ada pula gejala yang bisa dikenali saat seseorang terkena serangan jantung, yaitu:

1. Sesak napas atau napas terasa berat.

2. Nyeri di dada.

3. Keringat dingi.

4. Pusing.

5. Merasa gelisah.

Bahkan ada pula di beberapa kasus yang seseorang mengalami serangan jantung tanpa gejala. Sehingga langsung mengalami serangan jantung dan berhenti mendadak.

4 dari 6 halaman

Penyebab Serangan Jantung Usia Muda

Penyebab Serangan Jantung © Diadona
Dari beberapa penelitian menunjukkan pasian serangan jantung berusia 20 sampai 30 tahun ada sebanyak seperlima dari tahun 2000-2016. Bahkan sekali kamu yang di usia dewasa muda mengalami serangan jantung, maka berisiko terkena penyakit jantung lainnya.

Risiko kematiannya pun sama tingginya dengan yang kena serangan jantung di usia senja. Nggak bisa dianggap sepele kan guys? Ini loh penyebab serangan jantung usia muda yang perlu kamu hindari.

Stres


Mungkin terdengar sepele dan tidak berbahaya. Faktanya, stres bisa memicu berbagai macam penyakit tidak terkecuali serangan jantung guys! Misalnya saja kamu stres karena pekerjaan bisa membuat respon tubuh menjadi berlebihan dan meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

5 dari 6 halaman

Kebiasaan Merokok

ilustrasi wanita merokok © Diadona
Sudah pada tahu dong guys, kalau rokok membayakan tubuh kita? Kandungan nikotin di rokok ini menjadi penyebab serangan jantung usia muda yang utama loh!

Obat-obatan Terlarang


Tahu nggak sih, ada 18 persen pasien serangan jantung di usia muda yang diakrenakan menggunakan marijuana dan kokain. Hal ini yang menjadi perbedaan serangan jantung di usia muda dan usia tua.

6 dari 6 halaman

Alkohol

Minuman beralkohol © Diadona
Selain rokok dan obat-obatan terlarang, sering mengonsumsi alkohol juga menjadi penyebab serangan jantung usia muda. Selain itu mengonsumsinya dalam kurun waktu lama bisa mengakibatkan terkena penyakit hipertensi, stroke, aritmia jantung bahkan kematian mendadak.

Gaya Hidup


Nggak hanya merokok, alkohol ataupun obat-obatan terlarang, kebiasaan gaya hidup dalam memilih makanan juga berpengaruh. Menurut Cleveland Clinic, makanan olahan dan ultra proses atau makanan yang diproses lebih dari sekali menjadi penyebab serangan jantung mendadak.

Selain makanan, kebiasaan mager yang populer di kalangan milenial ini juga nggak baik, guys. Kurang gerak dan jarang olahraga bisa memicu penyakit ini.

So, itu tadi beberapa penyebab serangan jantung usia muda yang perlu banget kita hindari dari sekarang. Yuk bisa yuk hidup sehat!

Beri Komentar