Pepaya Bisa Bantu Lancarkan BAB, Mitos atau Fakta?

Health | Jumat, 17 September 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Buah yang mudah ditemukan ini, ternyata punya sejuta manfaat lho!

Saat mengalami sembelit atau sulit buang air besar (BAB), Anda tentu kerap mendengar nasihat untuk mengonsumsi pepaya.

Ya, di Indonesia, pepaya sering diidentikkan sebagai buah yang memperlancar pembuangan limbah pencernaan. Namun, apakah nasihat tersebut benar-benar terbukti secara medis?

Pepaya Bisa Bantu Lancarkan BAB, Mitos atau Fakta?
2 dari 8 halaman

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/christinarosepix

Sembeli arau ketika buang air besar menjadi sulit sehingga kotoran menumpuk di usus besar merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi.

Kondisi ini sering dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Melansir dari Live Strong, penyebab umum sembelit termasuk dehidrasi, kekurangan serat makanan, kekurangan vitamin, perubahan hormonal, penyakit dan efek samping obat.

3 dari 8 halaman

Melansir dari Live Strong, penyebab umum sembelit termasuk dehidrasi, kekurangan serat makanan, kekurangan vitamin, perubahan hormonal, penyakit dan efek samping obat.

Kabar buruknya, kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius jika tidak segera diatasi.

4 dari 8 halaman

Ilustrasi PepayaIlustrasi Pepaya © Pexels.com

Beberapa komplikasi serius yang mungkin terjadi karena sembelit adalah obstruksi usus, radang usus besar, berkurangnya penyerapan nutrisi, wasir, hingga hernia.

Salah satu cara paling mudah dan dianggap paling ampuh adalah dengan mengonsumsi pepaya. Manfaat konsumsi pepaya ini memang benar adanya.

5 dari 8 halaman

Ilustrasi PepayaIlustrasi Pepaya © Pexels.com

Sebuah penelitian yang terbit dalam Neuro Endocrinol Letter tahun 2013 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi formula berbahan dasar pepaya selama 40 hari mengalami kondisi yang lebih baik pada gangguan sembelit dan kembung. Kandungan yang berperan besar dalam memberikan manfaat ini adalah enzim papain.

Dikutip dari Healthline, enzim papain dapat membuat protein lebih mudah dicerna.

6 dari 8 halaman

Ilustrasi PepayaIlustrasi Pepaya © brookstropicals.com

Pepaya yang masih mentah sebagian mengandung paling banyak papain, yang bermanfaat untuk sembelit karena mencegah penumpukan protein yang sebagian dicerna di usus besar.

Selain itu, pepaya merupakan sumber serat tidak larut yang sangat baik. Ini membantu kotoran yang menumpuk di usus besar bergerak lebih mudah.

7 dari 8 halaman

Ilustrasi PepayaIlustrasi Pepaya © Pexels.com

Pepaya memang terbukti secara medis untuk membantu melancarkan buang air besar yang terganggu. Ternyata tak cuman bisa mengatasi susah buang air besar, pepaya juga punya sederet manfaat baik untuk kesehatan pencernaan. Apa saja?

  • Membunuh Parasit pada Usus
  • Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memperkuat Sistem Imun
  • Menyehatkan kulit

 

8 dari 8 halaman

Meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua orang dapat mengonsumsi buah yang lezat ini. Seseorang yang mengidap alergi terhadap lateks mungkin tidak dapat mengonsumsi pepaya. Hal tersebut karena enzim chitanases yang terkandung didalamnya. Kandungan tersebut mungkin menyebabkan reaksi silang ketika dikonsumsi.

Join Diadona.id