Perlu Diperhatikan, Berapa Batas Konsumsi Aman Garam dalam Satu Hari?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 23 Maret 2021 18:40
Perlu Diperhatikan, Berapa Batas Konsumsi Aman Garam dalam Satu Hari?
Makanan asin emang enak sih, tapi jangan sampai berlebihan!

Sebuah video viral di media sosial TikTok baru-baru ini. Seorang laki-laki bernama Anggun Supriadi melakukan challenge makan besar alias mukbang. Bukan makan biasa, namun Anggun melakukan challenge makan garam.

Lewat akun @anggun_supriadi, ia membagikan video ketika dirinya memakan empat bungkus garam sekaligus tanpa makanan pendamping maupun minum. Sebagai ganjaran, Anggun disebut akan mendapat uang Rp 30 juta.

Video yang telah ditonton 23,6 juta kali itu jelas mengundang kontroversi. Pasalnya, konsumsi garam dalam jumlah besar, selain tidak enak di lidah, juga bisa membawa dampak negatif untuk kesehatan. Ada batas tertentu untuk mengonsumsi garam dalam satu hari.

@anggun_supriadi

Balas @anggun_supriadi IG:anggunsupriadi123 ##fyp ##fyp ##trending ##viral ##viral6

? original sound - anggun?

Cari tahu lebih lanjut lewat ulasan berikut yuk, Diazens!

1 dari 3 halaman

Manfaat Garam

Garam jadi salah satu bahan dapur yang sulit untuk dipisahkan dari berbagai masakan. Rasa asin yang dimunculkan memang sangat ampuh untuk memanjakan lidah.

Tak hanya enak di lidah, konsumsi garam rupanya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Selain itu, garam juga berperan dalam menjaga fungsi saraf dan otot. Kandungan yodium pada garam pun dapat menepis berbagai penyakit, salah satunya adalah gondongan.

Meski demikian, rupanya konsumsi garam tetap tak boleh berlebihan. Sebab, pada takaran tertentu, garam justru jadi bumerang untuk kesehatan kita. Oleh karena itu penting untuk mengetahui berapa batas maksimum konsumsi garam dalam sehari.

2 dari 3 halaman

Batas Aman Konsumsi Garam dalam Sehari

World Health Organization atau WHO sebagai badan kesehatan dunia telah memberikan saran terkait jumlah konsumsi garam aman dalam sehari. Dilansir dari laman resmi WHO, batasan konsumsinya adalah sebagai berikut:

  • Untuk dewasa direkomendasikan mengonsumsi kurang dari 5 gram garam dalam sehari atau kurang dari satu sendok teh
  • Untuk anak-anak usia 2-15 tahun konsumsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, dengan catatan tak melebihi batas maksimal konsumsi aman garam untuk orang dewasa
  • Untuk bayi di masa ASI eksklusif (0-6 bulan) atau periode pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI (6-24 bulan) tak disarankan mengonsumsi garam.

3 dari 3 halaman

Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan

Konsumsi garam berlebihan seperti yang ditunjukkan oleh Anggun Supriadi lewat video TikTok-nya akan jadi berbahaya untuk kesehatan. Beberapa penyakit yang muncul karena konsumsi garam berlebih adalah demensia, kanker perut, tekanan darah tinggi, gangguan fungsi ginjal, serta kehilangan kemampuan indera pengecap.

Makanan gurih memang enak, tapi perhatikan juga takaran konsumsinya ya. Jangan sampai berlebihan mengonsumsi garam sampai-sampai membahayakan kesehatan diri sendiri.

Beri Komentar