Perlu Gak Sih Lansia Pakai Popok?

Health | Selasa, 11 Mei 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Soalnya sering beser, sih.

Ketika seseoarang sudah memasuki usia lanjut alias lansia, berapa gangguan kesehatan yang sebelumnya tak ada bisa saja terjadi. Misalnya karena masalah kesehatan tak bisa menahan buang air kecil yang jadi sering banget.

Pertanyaannya, haruskah lansia pakai popok di usia yang sudah mencapai puluhan itu seperti anak bayi?

 

Perlu Gak Sih Lansia Pakai Popok?
2 dari 4 halaman

Ilustrasi LansiaIlustrasi Lansia © shutterstock.com/g/whyframe

Ya, melansir dari Hello Sehat, ternyata jika lansia keseringan buang air kecil dan tak bisa menahannya, lebih baik pakai popok saja. Tak usah malu, ini umum terjadi kok. Apalagi jika kegiatan di siang hari dan tidur di malam hari terganggu. Terlebih usia lansia geraknya terbatas. Lebih baik pakai popok biar nggak bolak-balik kamar mandi bahkan ngompol.

 

3 dari 4 halaman

Ada beberapa kondisi masalah kesehatan pada lansia jika mereka keseringan buang air kecil.

1. Inkontensia Urine

Kondisi membuat proses berkemih kehilangan kontrol. Usia lansia bisa membuat kekuatan otot di sekitar kandungan kemih dan saluran kencing menurun. Sehingga kemampuan menahan lepasnya urine pun berkurang. Bahkan, saai batuk atau bersih saja air kencing bisa keluar. Makanya, wajib banget pakai popok kalau sudah kayak gini.

2. Pembesaran Prostat

Usia lansia membuat perubahan pada organ-organ tubuh. Biasanya, laki-laki umumnya mengalami pembesaran prostat. Kondisi juga mengakibatkan seorang pria kesulitan menahan lepasnya air kencing.

3. Kerusakan Otak setelah Stroke

Jika seseorang telah mengalami stroke, kemungkinan besar geraknya terbatas, bahkan bangun dan ke kamar mandi saja susah. Kalau sudah begini, buang air kecil bahkan air besar jadi sulit. Otot yang mengendalikan kandung kemih juga melemah. Pelepasan air kencing bahkan tinja pun jadi tak terkontol. Popok pun menjadi penting untuk dipakai dalamm kondisi ini.

 

4 dari 4 halaman

Nah kalau memang keadaan lansia mengharuskan untuk memakai pokok seperti di atas, maka pakailah. Namun pakai popok dewasa, ya! Selain itu, jangna lupa untuk menggantinya secara tertaur dan pakai losion pelembap di are selangkangan dan bokong.

Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id