Phobia Ciuman Itu Nyata! Ternyata Ada Orang yang Takut Beneran untuk Bercumbu

Health | Kamis, 28 Mei 2020 07:27
Phobia Ciuman Itu Nyata! Ternyata Ada Orang yang Takut Beneran untuk Bercumbu

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Baru dengar?

Umumnya, orang-orang pengin merasakan yang namanya ciuman dengan kekasih tercinta, apalagi pas lagi kasmaran-kasmarannya. Tapi percaya deh, di dunia ini ternyata gak sedikit yang ternyata takut untuk ciuman sehingga rasa kepinginnya itu aja udah hilang duluan. Kenapa ya bisa begitu?

2 dari 5 halaman

Philemaphobia

 Ilustrasi BerciumanIlustrasi Berciuman © hideawayinn.com

Ternyata, fenomena ini disebut dengan philemaphobia, atau bisa juga philematophobia. Fobia ini merupakan takut untuk bercumbu atau berciuman. Melansir dari Very Well Mind, meski dikategorikan sebagai fobia, philemaphobia merupakan fobia umum di jalangan para pemuda dan pemudi, apalagi bagi mereka yang tak punya pengalaman.

Jadi, bisa dibilang rasa takut akan cium bisa dikategorikan dari yang ringan sampai yang berat, hingga pada akhir mereka mendapatkan sebuah pengalaman berciuman yang membuat fobia tersebut menghilang dengan cepat. Yang perlu diingat, fobia ini bisa terjadi di usia berapapun guys.

3 dari 5 halaman

Alasan Orang Takut Berciuman

Kira-kira apa aja alasan yang digunakan oleh orang dengan philemaphobia, ya? Ini yang kami rangkum dari Very Well Mind.

Kuman

Alasan paling simpel yang mereka gunakan adalah takut terhadap kuman. Ya, berciuman kan adalah sebuah adegan mulut dengan mulut, yang juga bisa melibatkan air liur dan saliva. Ya, begitu deh.

Bau

Gak suka sama bau apapun itu memang wajar-wajar saja. Tapi, hal ini bisa menjadi sebuah alasan untuk mereka dengan philemaphobia, entah bau mulut atau badan pasangannya. Bisa juga, takut bau badan atau napasmu nggak diterima oleh pasanganmu.

Takut Sentuhan

Percaya deh, meskipun jarang banget, ada orang yang takut akan sentuhan. Apalagi kalau ciuman. Yang seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan, malah bisa menjadi sebuah derita. Kehidupan asmara yang bahagia kalau kayak gini bisa dipertanyakan.

Keintiman

Ketika seseorang takut berciuman, jika ditelusuri lebih mendalam, mereka sebenarnya takut akan sebuah keintiman. Bisa dikatakan, berciuman merupakan jembatan akan sebuah keintiman untuk terjadi.

4 dari 5 halaman

Gejala Philemaphobia

 Ilustrasi BerciumanIlustrasi Berciuman © pexels.com/@louise-cornelissen

Umumnya, melansir dari Common-Phobias.com, orang dengan philephobia mempunya kecemasan yang dahsyat, hingga sesak napas, napas memburu, detak jantung tak teratur, berkeringat berlebih, mual, mulut kering, gugup berbicara, dan gemetar.

5 dari 5 halaman

Bisa Disembuhkan Gak?

Untungnya, tentu saja philemaphobia bisa disembuhkan. Hmm, solusi yang paling logis adalah dengan membiarkan dirumu berciuman. Semakin banyak, semakin berkuranglah ia, dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun, seperti halnya penanganan kebanyakan jenis phobia, menjalani terapis oleh orang profesional berkaitan seperti psikolog. Bisa juga dengan hinoterapi, dan juga Neuro-Linguistik. Bagi kamu yang punya fobia ini, semangat, ya!

Join Diadona.id