Pijat Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Gak Cuma Atasi Pegal Linu Aja, loh!

Health | Jumat, 16 Juli 2021 13:20

Reporter : Bagus Prakoso

Gak hanya untuk mengatasi pegal linu, pijat ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Pijat adalah salah satu terapi tradisional yang dilakukan untuk mengobati rasa pegal di seluruh tubuh. Dengan pijat, kita bisa mengembalikan lagi tubuh yang sempat merasakan pegal linu.

Namun, tak hanya atasi pegal dan linu, pijat ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, loh. Apa aja sih manfaat pijat untuk kesehatan mental? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

Pijat Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Gak Cuma Atasi Pegal Linu Aja, loh!
2 dari 5 halaman

1. Meredakan Cemas

Ilustrasi PijatIlustrasi Pijat © shutterstock.com/QinJin

Melansir dari Psychological Bulletin, pijat ternyata bisa meredakan kecemasan. Selain menurunkan tekanan darah, terapi pijat juga bermanfaat untuk mengurangi gejala cemas berlebihan. Khususnya pada orang dengan gangguan kecemasan umum atau GAD.

Orang yang mengalami GAD ini biasanya mudah lelah, dan sering sakit perut akibat pikirannya sendiri.

Namun, setelah pijat, pikirannya ternyta berubah jadi jauh lebih tenang. Para ahli juga mengungkapkan bawha manfaat pijat ini sama besarnya dengan psikoterapi.

3 dari 5 halaman

2. Atasi Depresi

Ilustrasi PijatIlustrasi Pijat © shutterstock.com/YAKOBCHUK VIACHESLAV

Pijat juga dipercaya bisa mengatasi gejala depresi. Melansir dari Journal of Clinical Psychiatry, pijat diyakini ampuh menurunkan hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kecemasan dan depresi berkurang.

Salah satu jenis pijat yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi adalah pijat Swedia. Pijat ini dipercaya bisa membantu merangsang hormon serotonin alias hormon kebahagiaan.

Ini bermanfaat untuk pasien kanker yang rentan mengalami nyeri, stres, dan depresi saat menjalani pengobatan.

4 dari 5 halaman

3. Tidur Nyenyak

Ilustrasi PijatIlustrasi Pijat © shutterstock.com/Dragon Images

Pijat membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga tidur juga bisa jauh lebih pulas. Mengingat bahwa tidru yang cukup bisa membuat tubuh lebih segar dan bugar di pagi hari.

Ketika kurang tidur, bagian otak yang disebut amigdala cenderung aktif. Hal ini justru bisa menurunkan kemampuan otak dalam mengendalikan emosi. Kamu jadi gampang stres dan depresi.

Sebagai solusinya, gak ada salahnya untuk mencoba terapi pijat yang dipercaya bisa merangsang hormon serotonin yang bisa membuat kamu jauh lebih tenang.

5 dari 5 halaman

Nah, itulah beberapa manfaat pijat selain untuk meredakan nyeri otot dan pegal linu. Ternyata pijat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental mu.

Namun, jika kesehatan mentalmu masih terganggu setelah pijat, kamu bisa menghubungi dokter spesialis kejiwaan yang lebih ahli untuk menangani masalah kesehatan mental.

Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Join Diadona.id