Praktis tapi Berisiko, Ini Dampak Negatif Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 13 Maret 2021 08:40
Praktis tapi Berisiko, Ini Dampak Negatif Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah
Jangan asal cepet, waspadai juga risikonya.

Membersihkan wajah adalah bagian penting yang sering terlewat untuk dilakukan. Pada perempuan, kebutuhan untuk membersihkan wajah terasa lebih tinggi dibanding laki-laki karena adanya make up yang diaplikasikan ke kulit wajah.

Tisu basah biasanya jadi pilihan paling praktis untuk membersihkan wajah. Tak hanya digunakan saat terdesak, beberapa orang bahkan menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah secara reguler.

Sayang, meskipun praktis, rupanya membersihkan wajah dengan tisu basah bukanlah langkah yang direkomendasikan karena memiliki beberapa dampak buruk untuk kesehatan kulit wajah. Hm, apa aja ya?

1 dari 6 halaman

Kulit Kering

Sebagian besar tisu basah memiliki kandungan bahan kimia seperti alkohol. Keberadaaan alkohol ini kerap dianggap ampuh untuk membasmi bakteri dan kuman yang menempel di permukaan kulit wajah.

Tak sepenuhnya salah, namun alkohol dapat membuat kulit wajah jadi lebih mudah kering. Selain itu, tekstur wajah juga bisa berangsur kasar karena bahan kimia yang terlalu keras.

2 dari 6 halaman

Perawatan Tak Efektif

Kandungan bahan kimia yang terdapat pada tisu basah rupanya juga dapat menghilangkan pengaruh dari produk perawatan kulit. Dengan begitu, seseorang yang sedang mengaplikasikan produk perawatan kulit jenis apapun tak disarankan untuk membersihkan waja dengan tisu basah.

3 dari 6 halaman

Muncul Garis Halus

Jika digunakan secara reguler, tisu basah dapat menimbulkan garis halus pada wajah. Hal tersebut muncul lantaran terkena tekanan yang berlebih saat menggunakan tisu basah.

Jika dilakukan secara berulang, maka garis halu tersebut bisa muncul di berbagai area. Selain itu, kekencangan wajah juga bisa berkurang sehingga membuat kulit jadi lebih cepat terlihat kendur.

4 dari 6 halaman

Iritasi Kulit

Beberapa orang memiliki kulit wajah yang sensitif dan tidak bisa sembarangan terkena bahan kimia. Kulit sensitif yang bertemu dengan kandungan kimia pada tisu basah bisa saja menimbulkan iritasi pada wajah.

Iritasi di kulit wajah biasanya ditunjukkan dengan munculnya bintik merah dan rasa panas di beberapa titik pada wajah. Jika sudah begini, disarankan untuk menghentikan penggunaan tisu basah dan melakukan pengobatan.

5 dari 6 halaman

Kulit Sekitar Mata Rawan

Bagian sekitar mata meruapakan salah satu area sensitif. Mengelapnya dengan tisu basah berpotensi memunculkan iritasi dan mengendurkan kulit wajah di area tersebut. Akibatnya, mata jadi menghitam dan membuatnya terlihat lebih sayu.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi membersihkan wajah © Diadona

Tisu basah memang memiliki ilusi seolah dapat mengangkat kotoran dengan maksimal. Padahal, faktanya tidak demikian. Kotoran tetap akan tinggal dan tak terangkat sempurna hingga dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Lantas bagaimana cara terbaik untuk membersihkan wajah?

" Yang terbaik itu sebenarnya tetap menggunakan air dan sabun untuk membersihkan wajah, apalagi jika anda baru saja selesai beraktivitas di luar rumah," ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dikutip dari KlikDokter.

Penggunaan tisu basah untuk wajah diperbolehkan selama produk tersebut memang ditujukan untuk membersihkan wajah.

" Kalaupun harus menggunakan tisu basah untuk wajah, pilih yang diformulasikan khusus dan punya bahan makeup remover. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan muka dengan air dan sabun. Sabunnya pilih yang sesuai dengan jenis kulit,” terang dr. Astrid.

Lebih waspada dalam memilih pembersih wajahmu ya, Diazens!

Beri Komentar