Puasa Malah Bikin Berat Badan Naik, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 27 April 2021 08:27
Puasa Malah Bikin Berat Badan Naik, Kenapa Ya?
Padahal udah nggak makan dan minum dari waktu sebelum subuh sampai magrib.

 

Bulan ramadan merupakan waktu di mana umat muslim diwajibkan berpuasa. Karena berpuasa, kalau dipikir-pikir asupan makan berkurang dong? Sebab sejak ismak hingga terbenamnya matahari tidak makan dan tidak minum.

Namun untuk sebagian orang, di bulan ramadan ini puasa malah justru bikin berat badan naik. Melansir dari Liputan6.com, ini kemungkinan penyebabnya.

1 dari 4 halaman

Balas Dendam

Ilustasi Wanita dan Berat Badan © Diadona

Banyak yang ternyata ketika berbuka puasa tiba, mereka malah balas dendam setelah seharian penuh berpuasa. Mereka jadi banyak makan hingga sebelum tidur sampai tak memikirkan jumlah kalori yang telah mereka makan. Ya kalau kayak gini, pantas aja berat badan naik.

2 dari 4 halaman

Salah Makan

Sudah makan berlebihan tak memikirkan jumlah asupan kalori, makan yang dikonsumsi pun asal-asalan. Misalnya aja banyak makan dan minum manis, sama gorengan. Nggak peduli tuh mereka dengan makanan sehat kaya serat, protein dan lemak baik. Padahal, sayuran, buah-buahan dan makanan sehat lainnya justru bisa membantu berat badan turun.

3 dari 4 halaman

Kebanyakan Minum Kopi

Ilustasi Wanita dan Berat Badan © Diadona

Karena siang hari ga bisa minum kopi, akhirnya banyak nih yang minum kopi id malam hari. Ternyata, kafein di kopi sangat tidak disarankan ketika diet. Penelitian menunjukan kafein bisa meningkatkan kadar glukosa darah. Kamu juga jadi kurang sensitif sama insulin dan kemungkinan menyimpan lemak pada tubuh.

 

Beri Komentar