Punya Banyak Manfaat, Bolehkan Makan Buah di Malam Hari?

Reporter : Mila
Selasa, 21 Juni 2022 07:57
Punya Banyak Manfaat, Bolehkan Makan Buah di Malam Hari?
Apa sih efek makan buah di malam hari?

Buah bisa menjadi pilihan camilan yang sehat untuk mengganjal rasa lapar. Tapi, banyak yang menyebutkan makan buah di malam hari buruk bagi kesehatan. Benarkah demikian?

Agar lebih paham, simak dulu penjelasan di bawah ini ya!

1 dari 5 halaman

Apa Boleh Makan Buah Malam Hari?

Secara umum, makan di jam-jam sebelum tidur bisa mengganggu siklus tidur seseorang. Tapi, sebenarnya makan buah di malam hari cenderung tidak mengganggu tidur dibandingkan dengan mengonsumsi makanan lain (yang tinggi kalori).

Konsumsi makanan tinggi kalori sebelum tidur bisa membuat sulit tidur karena menstimulasi kerja sistem pencernaan.

2 dari 5 halaman

Sementara itu, buah-buahan cenderung tidak tinggi kalori sehingga mengonsumsinya menjelang tidur tidak terlalu memengaruhi kerja sistem pencernaan. Meski begitu, kamu perlu menjaga porsinya tetap kecil untuk menghindari lonjakan gula darah karena makan buah terlalu banyak.

Selain itu, kamu sebaiknya memilih buah segar dibandingkan jus atau buah kering ketika ingin ngemil sebelum tidur. The National Sleep Foundation menganjurkan untuk mengonsumsi pisang sebelum tidur karena kandungan kaliumnya bisa mencegah kram kaki di malam hari.

3 dari 5 halaman

Makin Buah Malam Hari Bikin Gendut?

Ada banyak yang mengatakan makan di malam hari (termasuk buah) bikin gendut. Hingga sekarang, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan buah pada malam hari menyebabkan peningkatan berat badan.

Asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan yang menyebabkan asupan kalori berlebih, konsumsi buah di malam hari semestinya tidak menambah berat badan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Makan Buah Sebelum Tidur

Berikut ini sejumlah manfaat makan buah sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan:

  • Membantu mengatasi insomnia
    Menurut studi American journal of therapeutics (2018) menunjukkan bahwa secara teratur mengonsumsi jus ceri dari varietas ceri Montmorency bisa secara signifikan meningkatkan durasi tidur untuk penderita insomnia.
  • Manambah durasi tidur
    Penelitian dari European journal of nutrition (2018) menunjukkan bahwa makan buah kiwi bisa meningkatkan durasi tidur.
  • Mengontrol gula darah malam hari
    Konsumsi buah malam hari ternyata membantu mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes di malam hari. Hal ini karena makan buah malam hari ini mengurangi pelepasan glukosa ke dalam darah. Alhasil, gula darah pasien diabetes pun lebih terkendali.

Beri Komentar