Punya Gejala Hampir Mirip, Begini Cara Bedakan Sinusitis dan Covid-19

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 4 Agustus 2021 12:20
Punya Gejala Hampir Mirip, Begini Cara Bedakan Sinusitis dan Covid-19
gimana sih cara bedain kedua penyakit ini?

Saat ini, dunia tak terkecuali di Indonesia sedang menghadapi pandemi virus Covid-19 yang tak kunjung usai. Penyakit ini memiliki beberapa gejala seperti pilek dan sakit kepala, mirip dengan Sinusitis.

Meskipun punya gejala yang mirip, namun kedua penyakit ini sangat berbeda loh. Bahkan, kedua penyakit ini bisa dibedakan dengan mudah. Gimana sih cara ngebedain kedua penyakit ini?

1 dari 5 halaman

Sinusitis

Ilustrasi Sinusitis © Diadona

Sebelum kita membedakan, kita kenali dulu, yuk, apa itu sinusitis. Melansir dari berbagai sumber, sinusitis adalah infeksi sinus yang terjadi saat cairan menumpuk di sinus atau rongga di sekitar hidung. Kondisi ini disebabkan oleh virus dan ada beberapa kasus yang juga disebabkan oleh bakteri.

Temuan dari CDC menunjukan sejumlah kondisi yang meningkatkan risiko seseorang terkena sinusitis. Antara lain demam, alergi udara, kebiasaan merokok, paparan asap rokok, sistem imun yang rendah, konsumsi obat-obatan, hingga masalah pada struktur hidung.

2 dari 5 halaman

Covid-19

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona SARS-CoV-2. Virus ini menyebar melalui droplet dari orang yang terinfeksi Covid-19.

Virus ini kini menjadi pandemi di seluruh dunia yang menyebabkan masyarakat harus memakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

3 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis

Adapun gejala Sinusitis yang paling umum antara lain:

  1. Pilek
  2. Hidung Tersumbat
  3. Nyeri atau tekanan pada wajah
  4. Sakit kepala
  5. Lendir menetes ke tenggorokan
  6. Sakit tenggorokan
  7. Bau Mulut
  8. Batuk

4 dari 5 halaman

Gejala Covid-19:

Sedangkan gejala Covid-19 antara lain:

  1. Demam
  2. BatukSesak napas
  3. Kelelahan
  4. Nyeri otot atau tubuh
  5. Sakit kepala
  6. Kehilangan rasa atau indra penciuman
  7. Sakit tenggorokan
  8. Hidung tersumbat
  9. Mual dan muntah
  10. Diare

5 dari 5 halaman

Sinusitis dan Covid-19

Ilustrasi Bersin © Diadona

Itulah beberapa perbedaan gejala Covid-19 dan Sinusitis. Sekarang bandingkan kedua gejala tersebut. Perbedaan yang paling terlihat antar keduanya adalah kondisi sakit pada bagian hidung yang lebih jelas terasa pada penderita sinusitis.

Melansir dari Prevention, Dokter ahli hidung dan sinus, Eric H Holbrook mengatakan, gejala yang paling menonjol dari infeksi sinus adalah termasuk hidung tersumbat, drainase hidung, dan berkurangnya indra penciuman.

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter spesialis penyakit infeksi, William Schaffner. Menurutnya, infeksi sinus sering membuat penderita merasakan banyak rasa sakit di pipi dan dahi.

Namun, jika kamu ragu, kamu bisa memastikan kondisi penyakit yang kamu derita dengan melakukan tes swab PCR. Sedangkan untuk diagnosis sinusitis bisa melakukan pemeriksaan ke dokter.

Semoga bermanfaat ya, diazens!

Beri Komentar